Status Siaga Darurat Karhutla di Tiga Wilayah Ini Berakhir

TrubusNews
Astri Sofyanti
31 Okt 2019   18:00 WIB

Komentar
Status Siaga Darurat Karhutla di Tiga Wilayah Ini Berakhir

Karhutla (Foto : Dok. BNPB)

Trubus.id -- Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Agus Wibowo menyatakan bahwa status siaga darurat bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Riau, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan telah berakhir.

“Hari ini status siaga darurat karhutla di Riau, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan selesai. Sementara status siaga darurat bencana karhutla di Jambi, Sumatera Selatan dan Kalimantan Barat berlangsung sampai 31 Desember 2019,” demikian dikatakan Agus ketika menggelar konferensi pers terkait update bencana sampai Oktober 2019 di Graha BNPB, Pramuka, Jakarta, Kamis (31/10).

Diakui Agus sejumlah upaya penanggulangan dan pemadaman api masih berlangsung sampai saat ini. Pemadaman dilakukan melalui jalur darat, udara dan melakukan operasi teknologi modifikasi cuaca (TMC).

“Untuk pelaksanaan operasi TMC hanya dilakukan di Sumatera. Saat ini hanya ada satu pesawat untuk melakukna operasi TMC di Sumatera Selatan,” tambah Agus.

Dirinya menegaskan bahwa di Kalimantan sudah tidak ada operasi teknologi modifikasi cuaca (TMC) atau hujan buatan mengingat disebagian besar wilayah tersebut mulai turun hujan.

Sementara untuk kebakaran hutan dikawasan gunung di wilayah jawa seperti Jawa Tengah, Jawa Timur dan Nusa Tenggara Barat (NTB juga terjadi kebakaran hutan dan lahan yang masih berusaha dipadamkan oleh Satgas Karhutla.

“Kebakaran hutan yang terjadi di Jawad an NTB tidak separah yang terjadi di Sumatera Selatan, karena lahan yang terbakar bukanlah di lahan gambut sehingga asapnya tidak sebesar yang terjadi di Sumatera dan Kalimantan. 50 helikopter sudah ditarik. Helikopter hanya akan berada di Sumsel dan di Kalbar,” beber Agus.

Terkait luas lahan terbakar, sampai September 2019 total luasan lahan terbakar mencapai 857.756 hektare.

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: