Perusahaan Listrik Finlandia, Gunakan Kotoran Anjing dan Kuda Sebagai Sumber Energi Bersih

TrubusNews
Syahroni
30 Okt 2019   22:00 WIB

Komentar
Perusahaan Listrik Finlandia, Gunakan Kotoran Anjing dan Kuda Sebagai Sumber Energi Bersih

Pelatih anjing Marianne Mayer menyambut baik penggunaan kotoran anjing sebagai sumber energi bersih (Foto : Doc/ AFP)

Trubus.id -- Dalam upaya mencari listrik yang bersih, perusahaan listrik di Finlandia mulai mengarahkan pandangan mereka pada sumber energi yang sebelumnya belum dimanfaatkan, yaitu kotoran hewan.

Selama kualifikasi showjumping Piala Dunia FEI bulan ini di Helsinki International Horse Show, 100 ton pupuk kandang dimuat dan diangkut dengan gerobak menjadi dua kontainer besar sebelum dibawa pergi untuk pembakaran di pembangkit listrik Järvenpää.

150 megawatt energi yang dihasilkan sudah cukup untuk menyalakan listrik selama pertunjukan empat hari, dengan beberapa yang tersisa untuk memanaskan rumah di ibukota Finlandia, menurut perusahaan energi Fortum yang meluncurkan inisiatif "Kekuatan Kuda" lima tahun lalu.

"Ada begitu banyak kuda di Finlandia dan tentu saja lebih banyak lagi di seluruh dunia, jadi akan luar biasa jika kita bisa mengubah semua kotoran itu menjadi energi," kata Fortum, Krista Hellgren kepada AFP.

Perusahaan mengklaim bahwa kotoran yang dihasilkan setiap hari oleh dua kuda dapat menghasilkan panas untuk satu rumah keluarga selama setahun. Dan nilai 200 mililiter saja sudah cukup untuk mengisi baterai telepon.

Sementara itu, perusahaan listrik lain meminta masyarakat untuk mengirimi mereka kotoran hewan peliharaan mereka. Stiker dan kampanye online Vantaan Energia memohon pemilik anjing untuk 'memberi kehidupan baru' pada kotoran anjing di pabrik pembakaran sampah agar bisa menjadi energi yang sangat besar.

"Tidak baik untuk menginjaknya, jauh lebih baik untuk membakarnya dan menggunakannya sebagai bahan bakar untuk listrik dan panas," kata direktur produksi perusahaan itu Kalle Patomeri kepada AFP.

Meskipun kotoran anjing masih merupakan bagian kecil dari 1.000 ton sampah rumah tangga yang dibakar setiap hari, Patomeri mengatakan itu membantu menghasilkan energi yang efisien dengan emisi terbatas dan sisa produk limbah.

Sebagai hasilnya, Vantaan Energia berharap untuk mendapat listri bebas batubara dalam waktu lebih dari dua tahun.

Dorongan kotoran ke energi disambut oleh pelatih anjing Marianne Mayer yang secara aktif mendukung penyebabnya. Dia mengatakan 50 anjing dalam daftar kliennya menghasilkan cukup banyak kotoran setiap minggu, yang mungkin telah ditinggalkan di lantai hutan atau dibuang ke limbah bio.

"Akhirnya seseorang melakukan sesuatu yang konkret tentang hal itu, jadi Anda tahu itu akan menjadi energi. Karena kita perlu memiliki energi selain fosil, itu akan menjadi sangat positif," katanya kepada AFP. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: