75 Hektare Kawasan Gunung Ciremai Hangus Terbakar, Angin Kencang Picu Kebakaran Meluas

TrubusNews
Astri Sofyanti
29 Okt 2019   17:07 WIB

Komentar
75 Hektare Kawasan Gunung Ciremai Hangus Terbakar, Angin Kencang Picu Kebakaran Meluas

Kebakaran Hutan Gunung Ciremai (Foto : ANTARA FOTO)

Trubus.id -- Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, meluas. Disinyalir angin kencang menjadi pemicu kebakaran meluas. Kebakaran terjadi di Blok Sigiribig, Desa Setianegara, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan.

"Data terakhir yang masuk sudah ada kurang lebih 75 hektare lahan terbakar," demikian dikatakan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan Agus Mauludin di Kuningan, Selasa (29/10) mengutip Antaranews.


Diakui Agus, sampai saat ini tim BPBD dibantu dengan personel lainnya sedang melakukan upaya pemadaman secara manual yaitu membuat sekat bakar.

"Kita terus upaya padamkan titik-titik api yang masih menyala dengan menerjunkan 126 personel dan juga membuat sekat bakar," ujarnya lagi.

Sejumlah kendala yang dialami oleh tim pemadam di antaranya angin bertiup cukup kencang, tumbuhan mudah terbakar dan juga kesulitan komunikasi.

Sebagaimana diketahui, kebakaran yang melanda kawasan TNGC di Blok Sigiribig terjadi pada Senin (28/10) sekitar pukul 10.34 WIB dan sampai sekarang api belum dapat dikendalikan.

"Kebakaran terjadi kemarin, ini merupakan kejadian yang kesekian kalinya pada musim kemarau tahun ini," pungkasnya.

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: