Karhutla Belum Padam pada 5 Gunung di Jawa Timur

TrubusNews
Binsar Marulitua
28 Okt 2019   11:00 WIB

Komentar
Karhutla Belum Padam pada 5 Gunung di Jawa Timur

Kebakaran hutan dan lahan di Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur (Foto : KLHK)

Trubus.id -- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan, titik api kebakaran hutan dan lahan (karhutla) pada 5 Gunung di Jawa Timur  belum bisa dipadamkan. Hiingga saat ini petugas BNPB dan tim gabungan pemadaman karhutla, masih terus melakukan pemadaman lewat darat maupun udara. 

Kepala Pusat Data Iinformasi dan Humas BNPB, Agus Wibowo mengatakan, kelima area yang masih terjadi karhutla adalah; Gunung Kawi di Malang, Gunung Ijen di Kabupaten Bondowoso dankabupaten Banyuwangi. Selain itu Gunung Arjuno di Kabupaten Mojekerto dan Gunung Semeru di kabupaten Lumajangdan Gunung Ringgit di Kabupaten Situbondo.

"Pada Kawasan TWA Gn. Ijen kebakaran terjadi di area administrasi pemerintahan Kec. Ijen (Gunung Rante, Gunung Ijen dan Cagar Alam Merapi Ungup Ungup), Kecamatan licin. Luas total karhutla sebanyak  573 hektare. Api belum padam," kata Agus di Jakarta. 

Baca Lainnya : Capai 857 Hektare, Karhutla Melonjak Hampir 160 Persen pada September 2019 

Agus menjelaskan, Pemadaman karhutla di Jatim menggunakan 1 helikopter MI-8 dengan basis di Bandara Banyuwangi. Pada hari ini, Senin, dilakukan pemadaman di wilayah Tamansari, Licin, Banyuwangi (Ungup-Ungup).

"Hari ini melakukan pemadaman dengan heli water bombing sebanyak 2 sortie,"tambahnya. 

Sebelumnya, pada Minggu, 27 Oktober 2019, Pukul 15.30 WIB,Heli WB sangat efisien melakukan tindakan penyiraman dengan obyek gunung Merapi ungup-ungup sebanyak 2 sorti (14 kali pengambilan dan pemadaman air). Kondisi titik api dilaporkan  sudah berkurang namun belum padam karena Luasnya lahan yg terbakar di titik merapi ungup - ungup Gunung Ijen

"Target hari ini upaya penyekatan agar api tidak menjalar dapat dilaksanakan,"tuturnya. 

Baca Lainnya : Merauke Membara, Tradisi Masyarakat Dominasi Karhutla pada 23 Titik Api

Kondisi kemarau yang panjang menyebabkan kondisi sangat kering di beberapa gunung di Jawa dan NTB, hal ini menyebabkan Karhutla juga terjadi dibeberapa tempat yaitu di Gunung Cikuray - Jabar, Gunung Ungaran - Jateng, Gunung Sumbing - Jateng, dan Gunung Rinjani - NTB.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: