Atasi Sampah, Pemprov DKI Bangun Fasilitas Pengelolaan Sampah

TrubusNews
Trubus News
16 Juli 2017   12:40 WIB

Komentar
Atasi Sampah, Pemprov DKI Bangun Fasilitas Pengelolaan Sampah

(Foto : Foto: Ilustrasi/Berita Daerah)

Gubernur DKI Jakarta Djarot Siaful Hidayat mengatakan, dalam mengatasi persoalan sampah Pemprov DKI akan membangun fasilitas pengelolaan sampah atau Intermediate Treatment Facility (ITF). Pembangunan ITF akan dimulai dari Sunter, Jakarta Utara, dan diikuti wilayah-wilayah lainnya.

“Untuk penanganan sampah sudah kita putuskan. Bulan Agustus nanti kita ground breaking ITF di Sunter. Sampah akan diolah menjadi energi, waste to energy. Kemudian diikuti oleh beberapa lokasi lainnya, salah satunya di Cilincing,” kata Djarot di kawasan Kota Tua, Jakarta Barat, Minggu (16/7/2017).

Jelasnya, Pemprov DKI telah menugaskan pembangunan ITF Sunter kepada Jakpro dengan menggunakan dana APBD. Ia berharap ke depan sampah di Jakarta dapat diolah di empat wilayah Jakarta lainnya.

Katanya lagi, untuk ITF Sunter bisa menampung 2.500 ton sampah per hari. tegasnya, jika Jakarta mampu mengelola sampah maka yang dibawa ke Bantargebang, Bekasi, akan berkurang.

“Produk sampah kita per hari mencapai 7 ribu ton. Jadi, kalau kita olah sampai 6 ribu ton, tinggal 1.000 ton yang kita kirim ke Bantargebang, kira-kira seperti itu. Kita tidak akan bisa selesai mengurusi sampah kalau belum membangun ITF,” tuturnya.

Selain membangun ITF, menurut Djarot, Pemprov DKI juga mewajibkan setiap RW hingga kelurahan untuk memiliki bank sampah dan mengelola sampah secara mandiri.

“Dengan begitu, sampah-sampah non organik bisa diolah langsung menjadi pupuk atau biogas. Sedangkan sampah-sampah organik Pemprov DKI yang mengolah,” pungkasnya.[AS]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: