Kebakaran Hutan Baja California Tewaskan 4 orang, Hancurkan 200 Rumah

TrubusNews
Syahroni
27 Okt 2019   10:00 WIB

Komentar
Kebakaran Hutan Baja California Tewaskan 4 orang, Hancurkan 200 Rumah

Kebakaran hutan Baja California. (Foto : AFP)

Trubus.id -- Kebakaran besar yang berkobar di Baja California telah menewaskan empat orang, menghancurkan sekitar 200 rumah dan membakar lebih dari 7.000 hektar lahan padang rumput. Pemerintah negara bagian mengumumkan keadaan darurat di Tecate, Playas de Rosarito dan Ensenada dan membuat Tijuana waspada karena kebakaran yang mematikan.

Sekretariat Pertahanan (Sedena) telah menerapkan rencana tanggap darurat bencana alam DNIII-E dan mengevakuasi 1.645 orang.

Kebakaran dimulai pada hari Kamis dan tumbuh di luar kendali sebagai akibat angin Santa Ana, yang telah mencapai kecepatan setinggi 95 kilometer per jam. Mereka telah membakar setidaknya 70 rumah di Tecate, 50 di Tijuana dan lebih dari 30 di Rosarito.

“Api yang paling serius adalah api. . . di Tecate, di mana laporan awal menyatakan bahwa 70 rumah telah hancur, ”kata direktur Perlindungan Sipil negara bagian Antonio Rosquillas dilansir dari AFP.

"Sayangnya, dua orang di sana telah meninggal, dua orang terluka, dan sekitar 60 keluarga terkena dampak." terangnya lagi.

Di Playas de Rosarito, di mana sekitar 30 rumah terbakar habis, petugas pemadam kebakaran menemukan seorang pria dan anjingnya mati terbakar di kamar mandi sebuah rumah yang terbakar oleh api.

Kelas-kelas di sekolah umum dan universitas di kota-kota yang terkena dampak dibatalkan pada hari Jumat, dan polisi menutup jalan raya di daerah yang tertutup lapisan asap tebal.

Walikota Tijuana Arturo González Cruz percaya bahwa kebakaran tersebut telah dimulai oleh api sampah di tempat pembuangan ilegal yang tumbuh di luar kendali dengan angin.

Sekretariat Federal Keamanan dan Perlindungan Warga Negara (SSPC) melaporkan Jumat malam bahwa Komisi Kehutanan Nasional (Conafor) hanya berisi 35% dari perkiraan 50 kebakaran. Tidak diketahui berapa banyak kawasan lindung alami di kawasan ini yang terbakar. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: