Ditunjuk Jokowi Menjadi Wamen LHK, Alue Dohong Orang Dayak Pertama di Kabinet

TrubusNews
Binsar Marulitua
25 Okt 2019   16:30 WIB

Komentar
Ditunjuk Jokowi Menjadi Wamen LHK,  Alue Dohong Orang Dayak Pertama di Kabinet

Alue Dohong menyapa sejumlah wartawan sesat sebelum dilantik g sebagai Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) di Istana Kepresidenan pada Jumat (25/10/2019). (Foto : Biro Protokol Pers dan Media Sekretariat Presiden)

Trubus.id -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Alue Dohong sebagai Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) di Istana Kepresidenan pada Jumat (25/10/2019). Sebelumnya Alue Dohong, menjabat Deputi Bidang Konstruksi, Operasi, dan Pemeliharaan Badan Restorasi Gambut (BRG). 

Alue mengungkapkan berdiskusi masalah kehutanan juga rencana  juga rencana pemindahan ibu kota baru ke Kalimantan Timur.

Baca Lainnya : Jokowi Berikan Mandat Siti Nurbaya Kembali Nahkodai KLHK

"Kami banyak berdiskusi masalah kehutanan, kita juga berdiskusi tentang ibu kota negara baru di Kaltim. Berdasarkan arahan bapak presiden kemungkinan (saya ditunjuk sebagai wakil menteri) LHK," kata Alue kepada wartawan di Istana.

Pria berusia 53 tahun yang lahir di Tumbang Kalang, Kalimantan Tengah tersebut juga   mengklaim menjadi manak suku dayak pertama yang menjabat dalam kabinet pemerintahan.

Baca Lainnya : Jokowi Panggil Siti Nurbaya Menghadap ke Istana Kepresidenan

"Dalam sejarah Indonesia merdeka, ini orang dayak pertama di kabinet. Jadi saya yakin kalo takdir jadi wakil menteri, ini jadi kebahagiaan suku dayak di Kalimantan," tegas Alue.

Alue Dohong merupakan akademisi dan aktivis yang telah lama bergelut di bidang restorasi ekosistem gambut. Ia meraih gelar Sarjana ekonomi dari Universitas Palangkaraya, MSc dari Notingham University,UK dan gelar Doktor dari University of Queensland Australia dengan tesis Ekositem Gambut Tropis. 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: