Kartel Bisnis Perikanan Ngebet Susi Pudjiastuti Dicopot

TrubusNews
Trubus News
16 Juli 2017   07:25 WIB

Komentar
Kartel Bisnis Perikanan Ngebet Susi Pudjiastuti Dicopot

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti (Foto : Foto: Twitter)

Badan Intelejen Negara (BIN) mendeteksi adanya peranan kartel perikanan yang menginginkan Susi Pudjiastuti dicopot dari jabatan Menteri Kelautan dan Perikanan. Perilaku kartel itu bahkan sudah berpotensi menyebabkan gangguan keamanan Indonesia.

Seperti dikutip Antara, Deputi VI Bidang Komunikasi dan Informasi BIN Sundawa Salya mengatakan, pernyataan dari Kepala BIN Budi Gunawan yang menyebutkan adanya kekuatan kartel menginginkan Susi dicopot merupakan hasil deteksi dini BIN terkait kartel perikanan.

“Statemen beliau merupakan hasil deteksi dini dan memberikan peringatan dini kepada masyarakat. Mari menjadi bagian dari solusi, jangan bagian dari masalah. Kita harus bersatu menyelesaikan persoalan ini, jangan sampai ada yang jadi korban. Baik nelayan maupun pemerintah,” ucap Sundawa, Sabtu (15/7/2017).

Namun, Sundawa memastikan, kartel yang dimaksud bukanlah dari asosiasi nelayan dan pengusaha di bidang perikanan.

Sebelumnya, Kepala BIN Budi Gunawan mengemukan adanya kekuatan kartel yang ingin menyingkirkan Susi Pudjiastuti dari posisi Menteri Kelautan dan Perikanan.

Bahkan, Budi menyebutkan salah satu serangan terhadap Susi adalah dengan demo-demo nelayan beberapa waktu lalu.

Pernyataan Budi Gunawan direspon oleh puluhan nelayan dengan melakukan pertemuan dengan BIN di Jakarta untuk menjelaskan maksud dari penyataan tersebut.

Ketua Masyarakat Perikanan Nusantara Ono Surono mengatakan, dalam pertemuan tersebut BIN menjelaskan bahwa kartel yang dimaksud bukanlah para nelayan yang melakukan aksi demonstrasi di Istana Negara.

“Kami lega karena yang dimaksud bukan kami dan bukan nelayan, juga bukan stakeholder, pengusaha, tapi kekuatan-kekuatan lain,” tuturnya.

Diakuinya, pernyataan Budi Gunawan tentang kekuatan kartel yang ingin mengganti Susi membuat para nelayan resah.

“Tentunya kami juga ingin tahu siapa kartel itu dan perannya. Karena memang isu-isu terkait kelautan dan perikanan bukan hanya kemarin, tapi sudah hampir tiga tahun sejak Ibu Susi menjabat,” tukasnya.[AS]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Masalah Subsidi Pupuk, Begini Solusi Pakar IPB

Peristiwa   19 Jan 2021 - 08:37 WIB
Bagikan:          
Bagikan: