Dengan Metode Ini, Semua Limbah Plastik Bisa Menjadi Plastik Baru Berkualitas Tinggi

TrubusNews
Syahroni
22 Okt 2019   22:30 WIB

Komentar
Dengan Metode Ini, Semua Limbah Plastik Bisa Menjadi Plastik Baru Berkualitas Tinggi

Ilustrasi. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Sebuah kelompok penelitian di Chalmers University of Technology, Swedia, telah mengembangkan proses yang efisien untuk memecah limbah plastik ke tingkat molekuler. Gas yang dihasilkan kemudian dapat diubah kembali menjadi plastik baru — dengan kualitas yang sama seperti aslinya. Proses baru dapat mengubah pabrik plastik saat ini menjadi kilang daur ulang, dalam kerangka infrastruktur yang ada.

Fakta bahwa plastik tidak rusak, dan karena itu menumpuk di ekosistem kita, adalah salah satu masalah lingkungan utama kita. Tetapi di Chalmers, sebuah kelompok penelitian yang dipimpin oleh Henrik Thunman, Profesor Teknologi Energi, melihat ketahanan plastik sebagai aset. Fakta bahwa itu tidak terdegradasi memungkinkan untuk penggunaan melingkar, menciptakan nilai sebenarnya untuk plastik bekas, dan karena itu dorongan ekonomi untuk mengumpulkannya.

"Kita tidak boleh lupa bahwa plastik adalah bahan yang fantastis — itu memberi kita produk yang hanya bisa kita impikan. Masalahnya adalah plastik dibuat dengan biaya yang sangat rendah, sehingga lebih murah untuk memproduksi plastik baru dari minyak dan gas fosil daripada menggunakan kembali sampah plastik," kata Henrik Thunman dilansir dari phsy.org.

Baca Lainnya : Kemenperin Lakukan Riset Ubah Limbah Plastik Jadi Bahan Bakar

Sekarang, dengan bereksperimen dengan pemulihan kimia melalui perengkahan uap plastik, para peneliti telah mengembangkan proses yang efisien untuk mengubah plastik bekas menjadi plastik berkualitas pria seperti plastik baru.

"Dengan menemukan suhu yang tepat — yaitu sekitar 850 derajat Celcius - dan laju pemanasan dan waktu tinggal yang tepat, kami dapat menunjukkan metode yang diusulkan pada skala di mana kami mengubah 200 kg sampah plastik per jam menjadi campuran gas yang bermanfaat, Itu kemudian dapat didaur ulang pada tingkat molekuler untuk menjadi bahan plastik baru yang berkualitas perawan," kata Henrik Thunman.

Eksperimen dilakukan di fasilitas Chalmers Power Central di Gothenburg.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Waspada, Penggunaan Hand Sanitizer Jangan Berlebihan

Peristiwa   30 Mar 2020 - 13:05 WIB
Bagikan:          
Bagikan: