4 Pendaki Dievakuasi dari Kebakaran Hutan Gunung Ranti, Banyuwangi

TrubusNews
Binsar Marulitua
20 Okt 2019   12:15 WIB

Komentar
4 Pendaki Dievakuasi dari Kebakaran Hutan Gunung Ranti,  Banyuwangi

ilustrasi Pendaki Gunung (Foto : BNPB)

Trubus.id -- Badan Nasional Penaggulangan Bencana (BNPB) menginformasikan, 4 pendaki yang terjebak akibat kebakaran hutan di Gunung Ranti, Banyuwangi pada hari Minggu 20 Oktober 2019 pukul 03.00 WIB, sudah berhasil diselamatkan. Perihal evakuasi tersebut dilaporkan Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Jatim, Suban Wahyudiono. 

"Terdapat 4 orang survivor terjebak di Gunung Ranti (2 orang laki-laki dan 2 orang perempuan berukut antara 19-25 tahun yang berasal dari daerah Jember," jelas Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Agus Wibowo dalam keterangan tertulis yang diterima Minggu. 

Agus menjelaskan, posisi survivor saat ini berada di ketinggian 2.100 meter di atas permukaan laut,  jauh dari posisi kebakaran. Jika berjalan sesuai  rencana,  akan dilakukan evakuasi survivor oleh tim SAR gabungan pada pukul 05.00 wib.

Baca Lainnya : Merauke Membara, Tradisi Masyarakat Dominasi Karhutla pada 23 Titik Api

"Evakuasi akan dilakukan melalui 2 titik, yakni dari pintu masuk pendakian Gunung Ranti dan dari erek-erek jalur lama," tambahnya. 

Agus menambahkan,  untuk sementara, jalur menuju wisata Gunung Ranti dan Kawah Ijen ditutup sementara di Rest Area Jambu.

Saat ini, tim Gabungan yang dikoordinasikan BBPD Banyuwangi, terdiri dari : Pos Siaga Sar Ketapang, Banyuwangi, Polsek Licin, Pos Ramil Licin, Perhutani, Kecamatan Licin, TRC BPBD Banyuwangi, Relawan dan Potensi SAR

"Hingga saat ini masih terpantau adanya asap," tutupnya. 
 

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: