Kemenkop Dorong UKM Terapkan Digitalisasi Ekonomi

TrubusNews
| Followers 0
26 Okt 2017   09:00

Komentar
Kemenkop Dorong UKM Terapkan Digitalisasi Ekonomi

(Foto : Ilustrasi: Qisthy Muliawan/TRUBUS.ID)

Trubus.id -- Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Agus Muharram meminta para pelaku UKM untuk menerapkan digitalisasi ekonomi. Jika tidak, sulit dapat bersaing dalam dunia usaha.

"Kemajuan teknologi informasi sulit dibendung. Bila koperasi dan UKM tidak mengikutinya akan tertinggal," kata Agus di Jakarta, Rabu (25/10/2017).

Dia mencontohkan, saat ini perkembangan sektor telekomunikasi sudah memakai sistem wireless. Begitu juga bisnis bidang transportasi yang menunjang distribusi barang dan jasa sudah 'just in time', serta travel and tourism didominasi oleh pelaku bisnis online atau e-Commerce.

"Memesan hotel, tiket pesawat, hingga destinasi wisata sudah memakai sistem online. Lebih cepat dan lebih murah. Antar bangsa sudah tidak ada lagi sekat, semuanya sudah menyatu dalam bingkai globalisasi dan digital ekonomi," ujarnya.

Oleh karena itu, Kemenkop dan UKM terus mendorong agar pelaku Koperasi dan UKM di Indonesia untuk menerapkan sistem digital ekonomi atau online.

Ungkap Agus, dari total jumlah 151 ribu koperasi yang ada, baru sekitar 10 persen yang mengarah dan berbasis IT dalam mekanisme pelaporan ke publik.

Sementara pelaku UMKM yang berjumlah sekitar 59,2 juta, mayoritas hampir 98 persen adalah pelaku usaha mikro, baru 3,5 sampai 5 persen yang usahanya mengarah pada penerapan sistem berbasis IT.

"Ini menjadi tugas kita semua untuk lebih mendorong agar pelaku Koperasi dan UMKM di Indonesia menerapkan bisnis secara online," tukasnya.

Khusus untuk, Agus menyebutkan, sudah diarahkan untuk mengubah paradigmanya dari pencari kerja menjadi pencipta lapangan pekerjaan sebagai wirausaha. [AS]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: