Setiap Tahunnya, Uang Masuk dari TKI Rp 148 Triliun

TrubusNews
| Followers 0
26 Okt 2017   07:00

Komentar
Setiap Tahunnya, Uang Masuk dari TKI Rp 148 Triliun

Ilustrasi (Foto : Foto: Istimewa)

Trubus.id -- Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) mencatat remitansi atau kiriman uang dari TKI yang bekerja di luar negeri selama satu tahun mencapai Rp 148 triliun. Angka ini mendekati 4,5 persen dari Produk Domestik Bruto Indonesia per kuartal dua 2017 yang mencapai Rp 3.366 triliun.

"Dalam satu tahun ini, dana remitansi dari TKI masuk ke dalam negeri mencapai US$ 10,6 miliar atau jika kurs per dolarnya Rp 13.300 maka setara dengan Rp 148 triliun," kata Kepala BNP2TKI Nusron Wahid saat menghadiri peluncuran Pelayanan Terpadu Satu Pintu Penempatan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (PTSP-P2TKI) di kantor Dinas Tenaga Kerja dan Kependudukan Provinsi Jawa Timur, Surabaya, Rabu (25/10/2017).

Nusron menyatakan, uang sebesar itu membuat BNP2TKI dan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) di daerah mempunyai pekerjaan rumah, yaitu mengarahkan masyarakat bagaimana caranya agar bisa menjadi uang produktif.

"Tugas BNP2TKI dan Disnaker sama-sama mengarahkan masyarakat bagaimana membuat uang itu menjadi uang produktif, tidak untuk menikah lagi, tidak habis untuk membeli motor, menyewa musik dangdut dan sebagainya," ucapnya.

Dia menyarankan, agar dana itu sebaiknya dimanfaatkan untuk pelatihan kewirausahaan keluarga, literasi dan pendidikan mengelola keuangan untuk keluarga, sehingga bermanfaat. [AS]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: