Turis dari 9 Negara Blusukan di Perkebunan Kopi Bondowoso

TrubusNews
Trubus News
16 Juli 2017   02:10 WIB

Komentar
Turis dari 9 Negara Blusukan di Perkebunan Kopi Bondowoso

Petani kopi di Desa Sukorejo, Bondowoso. (Foto : Foto: Minum Kopi)

Sedikitnya 20 warga negara asing (WNA) asal Eropa dan Asia mengikuti acara petik raya kopi di perkebunan kopi rakyat Desa Sukorejo, Kecamatan Sumber Wringin, Sabtu (15/7/2017).

Para bule yang berasal dari Belanda, Inggris, Prancis, Finlandia, Singapura, Thailand, Taiwan, Spanyol, dan Arab Saudi ini tergabung dalam Speciality Coffe Associantion of Europe (SCAE).

Dalam acara itu, mereka bukan hanya sekadar hadir saja, tapi juga terjun langsung ke kebun bersama para petani untuk melakukan proses pemetikan buah kopi. Bahkan, para bule tersebut juga tak segan-segan memanggul hasil petik kopi dan dibawa ke tempat yang telah disediakan.

“Dengan cara seperti ini kami jadi tahu proses pengelohan kopi dari hulu hingga hilir,” kata President of SCAE David Veal.

Dikatakannya, selama ini ia hanya mengenal bahwa kopi arabika yang berasal dari kawasan Ijen Raung, Bondowoso, merupakan salah satu kopi terbaik di dunia. Dan, di kesempatan ini dirinya bisa secara langsung mengetahui prosesnya.

“Kami mempelajari proses pengolahan, penjemuran, proses roasting, sampai terciptanya cita rasa kopi yang kuat serta lembut dan khas,” ucap pria asal Inggris ini.

Sementara itu, Bupati Bondowoso Amin Said Husni yang juga turut serta ke kebun kopi memberikan apresiasi terhdap kunjungan para pecinta kopi tersebut ke daerahnya.

Ia berharap, setelah kunjungan ini dapat ditindaklanjuti dalam kerjasama bisnis. “Karena mereka (bule) berasal dari berbagai kalangan dan profesi,” imbuhnya.[AS]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: