Ganjar: Infrastruktur Pariwisata Berperan Penting Bagi Kenyamanan Wisatawan

TrubusNews
Thomas Aquinus
16 Okt 2019   08:30 WIB

Komentar
Ganjar: Infrastruktur Pariwisata Berperan Penting Bagi Kenyamanan Wisatawan

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo (Foto : Instagram/ganjar_pranowo)

Trubus.id -- Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menjelaskan, infrastruktur pariwisata daerah memegang peran penting agar wisatawan yang datang merasa nyaman dan tidak kecewa saat berkunjung.

“Jateng sendiri tengah mempersiapkan jalan tol Solo-Jogja, sehingga tidak macet lagi. Kita sedang siapkan dan tahun ini sudah berjalan,” katanya.

Ganjar mengatakan, kuliner yang menjadi bagian dari pariwisata merupakan daya tarik setiap daerah. Tak jarang, setiap kali berkunjung ke daerah yang ada di Indonesia ia kerap mengabadikannya melalui video blog miliknya.

“Makanya ayo piknik. Bikinlah keluargamu, temanmu, bahagia. Dan sambil kulineran juga, bagikan kesenanganmu lewat sosial media. Statement Pak Menteri Pariwisata Arief Yahya itu benar 100 persen, kalau kekuatan untuk menjual Indonesia keluar secara powerfull itu pariwisata” ujarnya  dalam keterangan tertulisnya.

Sementara itu, Tim Quick Win 5 Destinasi Super Prioritas Pariwisata Irfan Wahid menjelaskan, formula baru “storynomics tourism” bakal digunakan untuk mengakselerasi percepatan pembangunan wisata di lima kawasan destinasi super prioritas.

Irfan mencontohkan, kisah-kisah dari kawasan Danau Toba sejatinya begitu banyak namun tak pernah digarap dengan benar-benar optimal.

”Kita memiliki kekayaan sejarah, budaya, dan alam yang begitu banyak namun masih sangat minim informasi maupun konten yang menceritakan tentang hal-hal tersebut. Seperti contohnya yang kita alami selama berada di Toba,” katanya.

Ia menilai diperlukan pendekatan pariwisata yang mengedepankan narasi, konten kreatif, dan living culture serta menggunakan kekuatan budaya sebagai DNA destinasi.

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: