Transformasi Digital IKM Berpotensi Tingkatkan Sumbangsih Sektor Industri PDB Nasional

TrubusNews
Thomas Aquinus
15 Okt 2019   09:00 WIB

Komentar
Transformasi Digital IKM Berpotensi Tingkatkan Sumbangsih Sektor Industri PDB Nasional

Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin, Gati Wibawaningsih. (Foto : Dok Kemenperin)

Trubus.id -- Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin, Gati Wibawaningsih menyampaikan, implementasi industri 4.0 melalui transformasi digital bukan suatu hal yang tidak mungkin dilakukan oleh sektor IKM. Namun hal tersebut perlu upaya bersama dari pemerintah, penyedia teknologi, serta yang terpenting adalah komitmen dari IKM itu sendiri.

“Dengan begitu, peran IKM dalam memberikan kontribusi sektor industri terhadap PDB nasional akan meningkat,” ujarnya. Untuk itu, Dirjen IKMA menyampaikan selamat kepada seluruh pemenang IGDS 2019, seraya berharap penghargaan tersebut menjadi pemicu untuk berkreasi lebih baik.

“Secara khusus kepada penerima penghargaan Grand Award dan Best Three, yang akan mendapatkan kesempatan mengikuti workshop di Taiwan, saya berharap melalui kesempatan ini dapat menambah wawasan baru mengenai desain-desain yang berwawasan global serta memperluas jejaring dalam rangka membangun kesuksesan bisnis,” ungkapnya dalam keterangan tertulisnya.

Baca Lainnya : Termasuk 10 Program Prioritas Nasional, Kemenperin Dorong IKM Goes Digital

Tim juri IGDS 2019 berasal dari perwakilan asosaisi terkait, praktisi desain produk, pemerhati tren pasar, serta perwakilan Kemenperin. IGDS Award merupakan sebuah kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka pemberian Penghargaan Desain Terbaik Indonesia yang ditujukan bagi para desainer yang berkontribusi dalam peningkatan kualitas produk industri nasional.

“Seluruh penerima penghargaan akan mendapatkan sertifikat dan hak penggunaan logo IGDS untuk promosi produk, serta hadiah uang tunai bagi penerima penghargaan yaitu People’s Choice sebesar Rp25 juta, kemudian Best 3 masing-masing sebesar Rp50 juta, dan Grand Award sebesar Rp100 juta,” sebutnya.

Baca Lainnya : Pelaku UKM dan IKM Olahan Keripik Kota Singkawang Bidik Pasar Malaysia

Bagi pemenang IGDS 2019 Grand Award dan Best Three akan mendapatkan hadiah berupa workshop di Taiwan, yang merupakan hasil kerja sama dengan Taiwan Design Center (TDC). “Dengan adanya program IGDS Awards 2019, diharapkan tidak hanya menjadi sebuah kegiatan, namun akan menjadi gerakan yang dapat meningkatkan citra positif bangsa melalui produk-produk Indonesia yang inovatif dengan desain yang berkualitas,” ungkap Gati.

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: