BMKG Sebut Gempa Bermagnitudo 5,0 di Cilacap Tak Berpotensi Tsunami

TrubusNews
Astri Sofyanti
14 Okt 2019   20:00 WIB

Komentar
BMKG Sebut Gempa Bermagnitudo 5,0 di Cilacap Tak Berpotensi Tsunami

Ilustrasi gempa (Foto : Trubus.id)

Trubus.id -- Gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,0 (M 5,0) mengguncang Kota Cilacap, Jawa Tengah, Senin (14/10) pukul 18.33 WIB. Badan Metorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta melaporkan bahwa gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Koordinator gempa berada di 8.45 lintang selatan (LS) dan 109.28 bujur timur (BT) atau berada di laut pada jarak 79 kilometer arah Tenggara Kota Cilacap, Jawa Tengah, itu memiliki kedalaman 75 kilometer. Gempa II MMI itu dirasakan di Bantul, Kulonprogo, Kota Yogyakarta, Purworejo, Cilacap dan Kebumen.

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," demikian disampaikan Kepala Stasiun Geofisika BMKG Yogyakarta Agus Riyanto dalam keterangan tertulis di Yogyakarta, Senin.

Jika memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi itu merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia yang menghunjam di bawah lempeng Eurasia.

Agus menyebut, sampai saat ini belum ada laporan dampak gempa baik korban jiwa ataupun kerusakan bangunan.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan sesar naik (thrust fault)," tutupnya.

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: