Gempa Bumi Tektonik 4,1 di Tambolaka Akibat Aktivitas Sesar Aktif, Potensi Tsunami Nihil

TrubusNews
Binsar Marulitua | Followers 0
10 Okt 2019   18:53

Komentar
Gempa Bumi Tektonik 4,1 di Tambolaka Akibat Aktivitas Sesar Aktif, Potensi Tsunami Nihil

Ilustrasi gempa bumi (Foto : Trubus.id)

Trubus.id -- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan, gempa bumi tektonik yang mengguncang Kabupaten Tambolaka Sumba Barat Daya, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Kamis, 10 Oktober 2019 pukul 15:31:23 WITA. Gempa terekam dengan kekuataan magnitudo 4,1. 

Kepala Balai Besar BMKG Wilayah III Denpasar, M.Taufik Gunawan, mengatakan berdasrkan hasil analisa BMKG menunjukkan, Episenter terletak pada koordinat 9.47 LS dan 118.95 BT, atau tepatnya berlokasi di laut  pada jarak 14 km BaratLaut Sumba Barat Daya -NTT,  pada kedalaman 33 km.

Baca Lainnya : Ambon Kembali Diguncang Gempa Magnitudo 5,2 Seusai Masa Tanggap Darurat Dicabut

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktifitas sesar aktif," jelas M, Taufik, Kamis (10/10/2019). 

Ia menjelaskan dampak gempabumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Tambolaka II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). 

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami," jelasnya. 

Baca Lainnya : Maluku Tengah dan Seram Bagian Barat Perpanjang Status Tanggap Darurat Pascagempa Magnitudo 6,5

BMKG Mengimbau kepada masyarakat  tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya. Mohon cermati dan terus berlatih langkah - langkah praktis untuk antisipasi bahaya gempabumi, baik pada saat persiapan sebelum gempa, saat dan setelah gempabumi.

"Periksa untuk pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan," tutupnya.

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: