Catat! Sandiaga Uno Janji Akan Bangun Museum Benyamin Sueb

TrubusNews
Trubus News
15 Juli 2017   17:30 WIB

Komentar
Catat! Sandiaga Uno Janji Akan Bangun Museum Benyamin Sueb

Sandiaga Uno saat menghadiri launching trubus.id di Hotel Bidakara, Jaksel, Jumat (14/7/2017). (Foto : Foto: Trubus.id/Sugiyono)

Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih Sandiaga Uno berencana akan lebih menggiatkan pelestarian kebudayaan Betawi, salah satunya dengan cara membangun museum Benyamin Sueb.

Museum ini, jelas Sandi, tidak hanya menampilkan budaya dan nilai-nilai luhur budaya Betawi saja, tapi juga adat-adat kebangsaan Indonesia.

“Kita punya program-program untuk mengangkat budaya Betawi. Agar menjadi tuan rumah di kampung sendiri,” kata Sandiaga Uno di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Nusantara, Jalan Inspeksi, Kali Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Sabtu (15/7/2017).

Cara lain dalam upaya melestarikan budaya Betawi, lanjut Sandiaga, adalah memanfaatkan RPTRA. Kelak, katanya, di RPTRA akan lebih sering ditampilkan kegiatan bernuansa budaya Betawi.

“Kita ingin kegiatan kebudayaan dihidupkan melalui RPTRA yang ada di Jakarta,” ujarnya.

Menurut Sandi, kebudayaan Betawi merupakan kebudayaan yang sangat unik, karena memadukan kebudayaan Timur Tengah dan etnis China.

“Kita bisa lihat benang merahnya dengan budaya Timur Tengah dan juga dengan budaya China, Jawa dan budaya Sunda. Jadi, Betawi merupakan etalasi keberagaman yang ada di ibukota. Kita patut melestarikannya,” tuturnya.

Ia juga memberi perhatian terhadap pelestarian ilmu bela diri pencak silat. Ia berharap pencak silat dapat bersaing dengan bela diri modern lainnya. “Saya berharap pencak silat sering muncul di TV,” ucap Sandi.

“Alangkah baiknya kalau pencak silat juga bisa dibungkus menjadi daya tarik, sehingga anak-anak muda punya kegiatan dan tidak tawuran lagi,” tambahnya.[AS]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: