Bayu Krisnamurthi: Capai Target Pembangunan Berkelanjutan dengan Mengubah Mainset

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
09 Okt 2019   17:00

Komentar
Bayu Krisnamurthi: Capai Target Pembangunan Berkelanjutan dengan Mengubah Mainset

SDGs Annual Conference 2019 yang diselenggarakan di Hotel Fairmont, Jakarta, Rabu (9/10/19) (Foto : Astri Sofyanti/ trubus.id)

Trubus.id -- Pembangunan berkelanjutan khususnya terhadap pencapaian target 17 Goals Sustainable Development Goals (SDGs) tak bisa terlepas dari sektor pertanian. Untuk sektor pertanian, Mantan Wakil Menteri Perdagangan yang juga menjabat sebagai Ketua Yayasan Bina Swadaya Bayu Krisnamurthi mengusulkan mulailah dari mengatasi masalah kelaparan.

"Begitu roda mengatasi kelaparan berputar, maka seluruh goals-goals SDGs akan mengikuti. Tidak bisa mengatasi kelaparan tanpa mengentaskan kemiskinan. Tidak mungkin mengentaskan kemiskinan tanpa melihat lapangan pekerjaan dan pertumbuhan. Tidak ada pertumbuhan tanpa energi, begitu seterusnya," kata Bayu dalam kegiatan SDGs Annual Conference 2019 di Hotel Fairmont, Jakarta Pusat, Rabu (9/10/19).

Lebih lanjut diakui Bayu, satu poin dalam mencapai target pembangunan berkelanjutan (SDGs) yakni mainset. Menurutnya, masihkan swasembada relevan dengan SDGs? Ataukah kalau kita ingin mempromosikan SDGs strategi dasarnya harus swasembada. "Karna apa, ketika kita masuk dalam SDGs, pertanian itu tidak lagi menjadi sektor pertanian sendiri, tapi juga harus masuk ke dalam indistri, jasa, infrastruktur, pendidikan, dan lainnya. Sehingga kita harus mengubahnya menjadi swasembada SDGs," tambahnya.

Dikatakannya, terget pencapaian pembangunan berkelanjutan juga perlu didorong oleh sektor swasta. Oleh karena itu pihaknya juga mengajak sektor swasta untuk turut mendukung dan berkontribusi dalam capaian target pembangunan berkelanjutan.

"SDGs tidak akan tercapai kalau sektor swasta tidak ikut SDGs. APBN itu hanya 15 sampai 20 persen membiayai pencapaian SDGs. 70 persen harus datang dari bisnis model," tandasnya.

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: