Besok, 8 Provinsi Berpeluang Dilanda Hujan Lebat Disertai Anging Kencang dan Petir

TrubusNews
Binsar Marulitua
02 Okt 2019   15:03 WIB

Komentar
Besok, 8 Provinsi Berpeluang Dilanda Hujan Lebat Disertai Anging Kencang dan Petir

Ilustrasi Hujan (Foto : Binsar Marulitua)

Trubus.id -- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi, 8 Provinsi berpeluang dilanda hujan lebat disertai angin kencang, kilat/petir. Kedelapan provinsi tersebut adalah Aceh, Sumatera Utara, Riau, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Papua Barat, dan Papua pada Kamis (3/10/2019).

Sementara itu, wilayah yang berpotensi hanya hujan lebat adalah Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Selatan. 
 
Kepala Bagian Humas BMKG Akhmad Taufan Maulana mengatakan, hasil pantauan BMKG menunjukkan Terdapat sirkulasi tertutup di Laut Natuna. Konvergensi memanjang dari Sumatera Selatan hingga Riau, dari Sulawesi Tenggara hingga Kalimantan Selatan.

Baca Lainnya : Sudah 62 Lahan Konsesi Perusahaan Disegel KLHK, Titik Panas Menurun

"Daerah belokan angin terdapat di wilayahLaut Natuna, Kalimantan bag Utara. Low level jet dengan kecepatan angin dapat mencapai >25 kt terdapat di perairan Selatan Papua," jelasnya dalam keterangan tertulis di Jakarta, (2/10/2019). 

Untuk lusa, Jumat (4/10/2019), wilayah yang berpotensi hujan lebat yaitu Sumatera Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, dan Sulawesi Tengah. 

Sedangkan wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai angin kencang, kilat/petir yaitu Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kalimantan Barat, Papua Barat, dan Papua.

Pada hari ini Rabu (2/10/2019), lanjut Taufan, wilayah yang berpotensi hujan lebat adalah Sumatera Utara, Sumatera Barat, Lampung, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Selatan. 

Baca Lainnya : Sudah 20 Konsesi Perusahaan Asing Disegel Terkait Karhutla

Kemudian  wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai angin kencang, kilat/petir  adalah Aceh, Riau, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, dan Papua. 

BMKG terus memberikan informasi peringatan dini kepada masyarakat yang berdomisili atau sedang berada di beberapa wilayah yang berpotensi hujan lebat hingga disertai angin kencang dan petir/kilat tersebut untuk selalu berhati-hati ketika sedang beraktivitas di luar ruang, serta persiapkan diri dengan peralatan antisipasi hujan.
 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: