Banjir Tewaskan 113 di India Utara, 900 Tahanan dan Pasien Rumah Sakit Dievakuasi

TrubusNews
Syahroni
30 Sep 2019   21:30 WIB

Komentar
Banjir Tewaskan 113 di India Utara, 900 Tahanan dan Pasien Rumah Sakit Dievakuasi

Seorang pria dan seorang anak laki-laki mengendarai skuter melalui jalan banjir setelah hujan lebat di Prayagraj, India, Minggu (29/9). (Foto : REUTERS/Jitendra Prakash)

Trubus.id -- Hujan lebat telah menewaskan sedikitnya 113 orang di negara bagian Uttar Pradesh dan Bihar di India utara selama tiga hari terakhir, kata para pejabat pemerintah setempat, Senin (30/9), ketika air membanjiri sebuah kota besar, bangsal rumah sakit dan memaksa evakuasi para tahanan dari penjara.

Musim hujan India yang dimulai pada bulan Juni biasanya mulai mundur pada awal September, tetapi hujan lebat terus berlanjut di seluruh bagian negara ini tahun ini, memicu banjir. Seorang pejabat mengatakan bahwa setidaknya 93 orang telah tewas di Uttar Pradesh yang paling padat penduduk sejak Jumat (27/9) setelah wilayah timurnya dihantam hujan lebat.

Baca Lainnya : Terdampak Badai Akibat Hujan Munson, 14 Warga di India Barat Tewas

Naiknya permukaan air memaksa pihak berwenang untuk memindahkan 900 tahanan dari penjara di distrik Ballia timur, kata perwira polisi Santosh Verma.

Di Bihar, negara tetangga, wilayah agraris miskin yang dilanda banjir awal tahun ini, jumlah korban tewas akibat hujan terakhir telah mencapai 20 pada hari Senin (30/9), kata seorang pejabat pemerintah negara bagian.

Ibu kota Bihar, Patna, rumah bagi sekitar 2 juta, terkena dampak yang cukup parah, dengan banjir setinggi pinggang di banyak jalan, dan memasuki rumah, toko, dan bahkan bangsal rumah sakit besar. Di beberapa bagian, pihak berwenang mengerahkan kapal untuk menyelamatkan penduduk.

Baca Lainnya : Lebih dari 150 Orang Tewas Saat Hujan Lebat Menghantam India

“Hujan telah berhenti tetapi ada genangan air di banyak daerah,” terang Sekretaris Tambahan Bihar di Departemen Bantuan Bencana, Amod Kumar Sharan seperti dilansir dari Reuters Senin (30/9).

Dalam buletinnya pada hari ini, Departemen Meteorologi India mengatakan intensitas hujan di Bihar sangat mungkin berkurang. Hujan di Uttar Pradesh juga diperkirakan akan mereda minggu ini. Pejabat departemen cuaca mengatakan bulan ini bahwa hujan monsun cenderung di atas rata-rata untuk pertama kalinya dalam enam tahun. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: