Sektor Pertanian Portugal Terancam Saat Topan Lorenzo Mendekati Kepulauan Azores

TrubusNews
Syahroni
30 Sep 2019   20:30 WIB

Komentar
Sektor Pertanian Portugal Terancam Saat Topan Lorenzo Mendekati Kepulauan Azores

Topan Lorenzo. (Foto : Metro)

Trubus.id -- Saat angin topan Lorenzo bergerak semakin dekat, kepulauan Azores di Portugal bersiap menghadapi angin kencang, hujan lebat, dan ombak yang menjulang tinggi. Badan meteorologi Portugal, IPMA, mengatakan, ada lebih dari 80% kemungkinan badai itu menghantam pulau-pulau di Atlantik tengah.

Dalam sebuah pernyataan yang dipublikasikan pada hari Minggu (29/9) kemarin, IPMA mengatakan bahwa mata dari badai kategori 4 Lorenzo akan melintas sangat dekat dengan kepulauan tersebut pada hari Rabu (2/10) mendatang, dengan angin kencang hingga 125 mil per jam (mph) yang diperkirakan akan menghancurkan beberapa daerah.

Baca Lainnya : Badai Tropis Karen Himpun Kekuatan Penuh Sebelum Menghantam Puerto Rico

Badai itu secara singkat menguat menjadi badai kategori 5 pada Sabtu (28/9) malam, menjadi badai terkuat yang pernah tercatat di ujung utara dan timur Atlantik ini, tetapi sejak itu diturunkan.

Kantor Met, layanan cuaca nasional Inggris, mengatakan tren melemahnya topan Lorenzo sekarang diharapkan. Namun para peramal cuaca percaya, topan Lorenzo masih bisa memiliki dampak yang signifikan saat menghantam Azores.

IPMA mengatakan, pulau-pulau barat Flores dan Corvo kemungkinan akan paling terkena dampak, serta pulau-pulau tengah Sao Jorge, Pico, Graciosa, Faial dan Terceira, salah satu yang terbesar di kepulauan itu.

Badai itu sekarang 1.367 mil (2.200 km) barat daya Azores, kata IPMA. National Hurricane Center (NHC), peramal cuaca yang berbasis di Miami, mengatakan bahwa angin kencang menjadi semakin mungkin melanda Azores pada Selasa (1/10) malam dan Rabu (2/10).

Baca Lainnya : Terdampak Badai Akibat Hujan Munson, 14 Warga di India Barat Tewas

Untuk itu NHC memperingati warga untuk memantau kemajuan badai. Dikatakan gelombang besar akan terus menyebar di sebagian besar Atlantik utara.

"Gelombang ini akan menghasilkan arus ombak dan arus yang mengancam jiwa," katanya dilansir Reuters, Senin (30/9).

Ekonomi Azores sangat bergantung pada industri seperti pertanian, perikanan, dan pariwisata yang dapat dengan mudah terganggu oleh peristiwa cuaca yang menghancurkan, seperti topan Lorenzo ini contohnya. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: