8 Warga Terluka Akibat Gempa Berkekuatan 5,8 yang Mengguncang Istanbul

TrubusNews
Syahroni
27 Sep 2019   23:00 WIB

Komentar
8 Warga Terluka Akibat Gempa Berkekuatan 5,8 yang Mengguncang Istanbul

Orang-orang berdiri di jalan-jalan setelah mengungsi rumah mereka, setelah gempa bumi di Istanbul, Kamis, 26 September 2019. (Foto : DHA via AP)

Trubus.id -- Gempa berkekuatan 5,8 di Istanbul sedikit melukai delapan orang Kamis dan mengirim anak-anak sekolah dan penduduk ke jalan-jalan pusat komersial dan budaya Turki. Otoritas Manajemen Bencana dan Darurat mengatakan gempa terjadi di Laut Marmara pada pukul 1:59 malam. (1059 GMT) pada 7 kilometer (4.4 mil) dalam dan terasa di seluruh wilayah Marmara barat.

Presiden Recep Tayyip Erdogan mengatakan delapan orang terluka dan telah menerima perawatan.

"Terlepas dari kerusakan kecil, kami belum menerima laporan sejauh ini yang akan menyakiti hati kami," katanya.

Menteri Kesehatan Fahrettin Koca di Twitter mengkonfirmasi tidak ada kematian.

Rekaman berita menunjukkan menara yang runtuh di distrik Avcilar barat kota. Badan darurat mengatakan satu bangunan miring, dua menunjukkan kerusakan dan retakan ditemukan di yang lain. Media Turki menunjukkan anak-anak dievakuasi dari sekolah dan penduduk kota yang menunggu di luar rumah mereka. Sekolah dibatalkan untuk hari itu.

Survei Geologi AS menilai besarnya gempa di 5,7. Lembaga Penelitian Observatorium dan Gempa Bumi Kandilli mencatat beberapa gempa susulan, dengan yang tertinggi dengan kekuatan 4,4.

Turki dilintasi garis patahan dan rentan terhadap gempa bumi. Para ahli telah lama memperingatkan bahwa gempa bumi besar diperkirakan akan melanda Istanbul, kota terpadat di Turki dengan lebih dari 15 juta penduduk. Gempa berkekuatan 4,6 melanda kota itu pada hari Selasa.

Pada tahun 1999, gempa berkekuatan 7,4 di Turki barat menewaskan lebih dari 17.000 orang. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: