Tenun Ikat Sumba Pikat Resepsi Diplomatik di KBRI Athena

TrubusNews
Thomas Aquinus
27 Sep 2019   19:00 WIB

Komentar
Tenun Ikat Sumba Pikat Resepsi Diplomatik di KBRI Athena

fashion show bertajuk “Culturage Heritage Show”, di wisma Duta Besar Athena Yunani. (Foto : Dok KBRI Athena)

Trubus.id -- Kedutaan Besar RI (KBRI) di Athena menggelar resepsi diplomatik dengan mengangkat fashion show bertajuk “Culturage Heritage Show”, di wisma Duta Besar Athena Yunani pada Rabu (25/9). 

KBRI Athena menghadirkan 3 desainer Indonesia, Nita Seno Aji, Rudi Chandra dan Malik Moestaram yang mempunyai ciri khas masing-masing.

Desainer Nita Seno Aji menyajikan kain tenun ikat Sumba Nusa Tenggara Timur (NTT) dengan motif Njara atau kuda dan Ruha atau rusa. Nita juga menggunakan motif tenun tersebut ke bentuk printed pattern pada bahan sifon transparan, lalu bahan sifon dijadikan kimono panjang dan juga overcoat yang ringan.

Baca Lainnya : Sambut HUT RI, Jokowi dan Iriana Membatik Garuda Nusantara

Penampilan para peragawati yang menggunakan pakaian khas Indonesia dengan motif Sumba mengundang decak kagum kalangan diplomatik dan pejabat pemerintah, termasuk pengusaha dan media Yunani.

Kekaguman dapat terlihat dari kesediaan para undangan untuk tak melewatkan seluruh rangkaian fashion show, meskipun waktu jamuan makan malam telah tiba.

Selain Nita Seno Aji, juga menampilkaan pakaian hasil desainer Rudi Chandra yang membawakan motif pakaian etnik kontemporer. Selain itu, juga ada rancangan Malik Moestaram dengan tema pakaian malam yang didominasi hiasan payet khas Indonesia.

Salah satu pengunjung Olga Chiotakis mengungkapkan dirinya terpikat dengan keberagaman kain Indonesia yang baru saja ditampilkan. Dari ketiga desainer itu, masing-masing memiliki karakter yang berbeda, bahkan tidak mirip sama sekali. Hal itu menunjukkan betapa beragamnya corak kain Indonesia.

Baca Lainnya : Pertahankan Tradisi Leluhur, Batik Jambi Masih Gunakan Pewarna dari Bahan Alam

Kegiatan resepsi diplomatik rutin dilaksanakan setiap tahunnya. KBRI Athena selalu menyelipkan agenda promosi dalam acara semacam itu, demi mengenalkan Indonesia. Promosi ini biasanya berbentuk pertunjukan tari, maupun penampilan pakaian Indonesia dalam fashion show seperti tahun ini.

“Sebagai perwakilan Indonesia di Yunani, KBRI selalu berusaha menyelipkan promosi mengenai Indonesia dalam berbagai kesempatan. Diharapkan, melalui promosi ini, masyarakat Yunani akan semakin mengenal mengenai Indonesia,” ujar Ferry Adamhar, Duta Besar RI untuk Yunani dalam keterangan persnya, dikutip dari Bisniswisata, Kamis (26/9). 

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: