30 Orang Tewas Tertimbun Longsor di Tambang Emas Ilegal di Afrika Tengah

TrubusNews
Syahroni
26 Sep 2019   22:30 WIB

Komentar
30 Orang Tewas Tertimbun Longsor di Tambang Emas Ilegal di Afrika Tengah

Longsor di tambang emas yang terletak di Chad, tewaskan 30 orang pekerja. (Foto : Daily Sabah)

Trubus.id -- Bencana tanah longsor terjadi disebuah tambang emas ilegal yang berada di Republik Chad, Selasa (25/9) kemarin. Dilansir dari Reuters, akibat kejadian ini pemerintah negera yang berada di Afrika Tengah itu menyebut, 30 penambang liar tewas tertimbun reruntuhan. 

Tambang emas ilegal yang berada di wilayah Tibesti dekat perbatasan Libya ambruk pada Selasa pagi. Sejak kejadian, petugas terus berusaha mengevakuasi korban yang terkubur di dalam tanah, kata menteri pertahanan Republik Chad, Mahamat Sala kepada Reuters.

Tibesti telah menyaksikan pertumbuhan pesat dalam penambangan ilegal dalam beberapa tahun terakhir, seringkali oleh para pengungsi dari Sudan yang mencari uang cepat untuk pergi ke Eropa atau oleh pemberontak yang memerangi tentara.

Metode yang tidak aman dan kurangnya pengawasan berarti kecelakaan biasa terjadi di tambang seperti itu di Afrika, di mana masyarakat miskin mencari bagian dari sumber daya yang luas yang biasanya digali oleh perusahaan internasional, diproses dan dikirim ke luar negeri.

Peristiwa serupa juga pernah terjadi Juni lalu. Kala itu lebih dari 40 orang tewas ketika bagian dari tambang tembaga dan kobalt Glencore runtuh di Kongo tenggara. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: