Semai Awan, Modifikasi Cuaca Sukses Panen Hujan di Riau dan Jambi

TrubusNews
Binsar Marulitua
25 Sep 2019   10:30 WIB

Komentar
Semai Awan, Modifikasi Cuaca Sukses  Panen Hujan  di Riau dan Jambi

Ilustrasi Hujan (Foto : Trubus.id/Binsar Marulitua)

Trubus.id -- Sebagian wilayah Riau dan Jambi kembali diguyur hujan pada hari Selasa 24 September 2019, setelah dilaksanakan operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) di dua wilayah tersebut. Posko Palembang hari ini juga dibuka kembali untuk operasi TMC untuk menjangkau wilayah Provinsi Jambi dan Sumatera Selatan.

“Operasi TMC di Provinsi Jambi selama dua hari ini ditugaskan pada tim TMC Posko Riau. Namun, esok hari operasi di wilayah Provinsi Jambi akan lebih dioptimalkan dengan dibukanya Posko TMC Sumsel hari ini,” ujar Hammam Riza, Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) di Jakarta, Selasa (24/9).

Baca Lainnya : ISPU PM10 Capai 411, Kepala BNPB: Karhutla di Jambi Lebih Buruk Dibandingkan 2015

Kepala Balai Besar Teknologi Modifikasi Cuaca (BBTMC-BPPT), Tri Handoko Seto mengatakan sepanjang hari ini tim TMC BPPT telah berupaya maksimal menjangkau dua wilayah sekaligus untuk dilakukan penyemaian awan.

“Tim kami terus bekerja keras sepanjang hari ini untuk menabur CaO atau kapur tohor dan melaksanakan penyemaian awan secara simultan. Bersyukur, hujan turun kembali di beberapa wilayah di Riau dan Jambi pada Selasa sore hari,” ujarnya.

Pada penerbangan pertama pagi hari, pesawat Hercules C 130 yang membawa flight scientist BBTMC BPPT dan TNI AU terbang dari landasan pacu Roesmin Nurjadin dengan membawa 2.000 kg CaO dan 2.000 NaCl.Wilayah yang dituju, yaitu Kabupaten Pelalawan, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir, Jambi dan Sumsel.

Penerbangan kedua siang hari, tim TMC bergerak menyasar wilayah Pelalawan, Kuantan Singingi, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir (Riau) dan Tebo (Jambi) dengan membawa bahan semai 4.000 kg NaCl.

Sekitar pk 16.50 WIB, hujan turun dengan intensitas sedang terpantau di 4 wilayah Provinsi Jambi, yaitu Kota Jambi, Kabupaten Muaro Jambi, Kabupaten Batanghari dan Kabupaten Sarolangun. Sementara di wilayah Provinsi Riau, hujan turun dengan intensitas sedang membasahi 4 wilayah, yaitu Kab Indragiri Hilir, Kab Bengkalis, Dumai, dan Kota Pekanbaru.

Baca Lainnya : 14 Perusahaan Asing Terlibat Karhutla di Indonesia, Malaysia dan Singapura Mendominasi

“Posko kami di Lanud Roesmin Nurjadin hujan dengan intensitas ringan terjadi pada pkl 15.00 WIB,” ungkap Koordinator Lapangan BBTMC- BPPT Posko TMC Riau, Samba Wirahma.

Menurut Samba, wilayah Sumsel juga dilaporkan hujan, yaitu di Muara Padang, Digi Palembang, Sembawa, Indralaya, Tugu Mulyo dan Lubuk Linggau. Laporan lokasi curah hujan di pantau melalui radar dari stasiun pemantau BMKG dan dikonfirmasi oleh laporan tim satgas di lapangan, ujarnya. (BBTMC - BPPT).

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: