Badai Tropis Karen Himpun Kekuatan Penuh Sebelum Menghantam Puerto Rico

TrubusNews
Syahroni
24 Sep 2019   20:00 WIB

Komentar
Badai Tropis Karen Himpun Kekuatan Penuh Sebelum Menghantam Puerto Rico

Penduduk memindahkan lumpur dari pompa bensin selama badai hujan yang disebabkan oleh Badai Tropis Karen di Barataria, Trinidad dan Tobago 22 September 2019. (Foto : REUTERS/Andrea De Silva)

Trubus.id -- Badai tropis Karen memperoleh kekuatan dan mengancam untuk mendarat di Puerto Rico dalam waktu dekat ini dengan membawa angin kencang dan hujan deras, tulis badan prakiraan cuaca setempat seperti dilansir dari Reuters, Selasa (24/9). Badai ini mendapatkan kembali klasifikasinya sebagai badai tropis, setelah secara singkat diturunkan ke depresi tropis pada hari Senin (23/9) kemarin.

Badai Karen mengepakkan angin berkecepatan 40 mph (65 kpj). Badai ini juga diperkirakan akan menurunkan 2-4 inci hujan di wilayah kepulauan AS dengan beberapa area mencapai ketinggian 8 inci (20,3 cm), terang National Hurricane Center (NHC) yang berbasis di Miami dalam pernyataan resminya.

"Ada banyak pengamat banjir dan peringatan dikeluarkan di seluruh Puerto Rico," kata Marc Chenard, seorang peramal cuaca Layanan Cuaca Nasional (NWS).

Baca Lainnya : Setelah Dorian, Badai Baru Diprediksi Akan Hantam Bahama 2 Minggu ke Depan

“Puerto Rico bagian timur dan selatan akan menjadi daerah yang paling terpukul, terutama perbukitan dan daerah pegunungan. Ada risiko tanah longsor dan banjir yang serius."

Hembusan angin badai tropis diperkirakan menghantam pulau itu ketika Karen bergerak mendekati atau melewati daratan pada Selasa sore, sebelum menuju ke arah Atlantik barat semalam, kata NHC. Peringatan badai tropis tetap berlaku untuk Puerto Rico, serta AS dan Kepulauan Virgin Inggris yang berdekatan untuk 24 jam berikutnya.

Badai Karen, nama badai ke-11 musim topan Atlantik 2019, terbentuk pada hari Minggu sore di sebelah timur Antilles Kecil. Puerto Rico, yang dilanda kesengsaraan finansial dan kekacauan politik, terhindar dari bencana baru yang berpotensi bulan lalu ketika Badai Dorian melewatinya sebelum mendarat di Bahama utara.

Baca Lainnya : Badai Lorena Terjang Lepas Pantai Meksiko

Dua tahun lalu, Puerto Rico masih belum pulih dari Badai Irma ketika terkena langsung dari Badai Maria. Sekitar 3.000 orang tewas dalam badai itu, yang paling mematikan dalam sejarah yang tercatat di pulau itu.

Di sebelah utara Karen, badai tropis Atlantik terpisah bernama Jerry berada di jalur ke rok oleh Bermuda pada Selasa malam atau Rabu pagi. Badai Jerry mengepakkan angin berkelanjutan maksimum 65 mph (100 kpj) tetapi juga diperkirakan akan melemah secara bertahap.

Namun badai tropis ketiga, Lorenzo, terbentuk pada hari Senin di Atlantik timur jauh dekat Kepulauan Cape Verde, di lepas Afrika. Lorenzo diperkirakan akan mencapai kekuatan badai pada Selasa malam karena bergolak melintasi lautan tetapi tidak menimbulkan ancaman langsung terhadap daratan, kata NHC. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: