BNPB: Operasi TMC Berhasil, Hujan Turun di Kalimantan

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
20 Sep 2019   16:30

Komentar
BNPB: Operasi TMC Berhasil, Hujan Turun di Kalimantan

Karhutla (Foto : BNPB)

Trubus.id -- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan, operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) atau hujan buatan di Kalimantan berhasil, hujan mulai turun.

Plt. Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Agus Wibowo dalam keterangan tertulis yang diterima Trubus.id, Jumat (20/9/19), mengatakan, hari ini Pesawat Cassa 212-200 terbang dari Palangkaraya untuk menyemai awan dengan garam NaCl sebanyak 800 kilogram di atas wilayah Pulang Pisau Kalimantan Tengah. Sekitar pukul 15.00 WIB tadi hujan deras selama kurang lebih 30 menit di wilayah Pulang Pisau, Kalimantan Tengah dan Martapura, Kalimantan Selatan.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan bahwa mulai hari ini sampai beberapa hari ke depan mulai ada awan potensial hujan di wilayah Kalimantan. Operasi TMC akan terus dilanjutkan dan diintensifkan untuk menghasilkan hujan agar karhutla dapat padam dan langit segera bersih kembali.

Agus mengatakan, Kepala BNPB Doni Monardo melakukan kunjungan kerja di Kalimantan untuk memastikan penanganan karhutla berlangsung dengan baik. Dalam perjalanan dengan Helikopter dari Banjarmasin ke Palangkaraya beliau mendokumentasikan hutan dan lahan yang terbakar. Terlihat dari pola karhutla bahwa hutan dan lahan sengaja dibakar, terlihat dari pola yang teratur dan hanya membakar di luar daerah perkebunan. Lahan juga dekat dengan perkebunan yang sudah ada.

Kepala BNPB juga menunaikan Salat Jumat dan memberi tausyiah kepada jamaah Al Amin Banturung, Kecamatan Bukit Batu, Palangkaraya, Jumat (20/09/19). Usai Salat Jumat, Doni juga menyempatkan diri mengunjungi puskesmas yang merawat anak yg kena ISPA karena dampak asap karhutla.

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: