Rembug Kopi Nasional 2019 Dorong UMKM Kopi Naik Kelas

TrubusNews
Thomas Aquinus | Followers 2
20 Sep 2019   16:00

Komentar
Rembug Kopi Nasional 2019 Dorong UMKM Kopi Naik Kelas

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, AAGN Puspayoga saat membuka Rembug Kopi Nasional 2019. (Foto : Trubus.id/Thomas Aquinus Krisnaldi G)

Trubus.id -- Indonesia sebagai salah satu Negara produsen kopi terbesar dunia memiliki aneka ragam kopi dengan rasa khas tersebar di seluruh pelosok tanah air. Oleh sebab itu, dalam rangka menjalin jejaring kerja antar pemangku kepentingan kopi di Indonesia, dan memajukan usaha kopi melalui UMKM, Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi Usaha Kecil dan Menegah (LLP-KUKM), atau Smesco Indonesia Kementerian Koperasi dan UKM, menyelenggarakan Smesco Rembug Kopi Nasional 2019. 

Direktur Utama LPP-KUKM, Emilia Suhaimi mengatakan tujuan diselenggarakan event ini adalah untuk mengangkat dan mengenalkan keanekaragaman kopi nusantara, sekaligus upaya menyatukan potensi komoditas kopi Indonesia yang sudah terkenal ke mancanegara.

“Kami mengundang para pelaku UKM di bidang kopi untuk dapat berkumpul, berembug dan bersinergi dalam rangka mem-branding kopi unggulan dari masing-masing daerah, sehingga menjadi potensi dan prospek yang cerah” ujar Emilia Suhaimi dalam siaran persnya, Jumat (20/9). 

Baca Lainnya : CEO ITFC: Kopi Torabika Asal Tanah Karo, Paling Terkenal dan Diminati Pasar Internasional

Melalui Rembug Kopi Nasional 2019, diharapkan masyarakat, pebisnis, asosiasi, eksportir dan juga pecinta kopi akan lebih mengenal berbagai hal tentang kopi. 

Selain itu, acara ini juga diupayakan dapat berperan mendorong minat UKM dalam peningkatan kualitas mulai dari pemilihan biji kopi, pengolahan dan kemasan yang baik. 

Edukasi tentang kopi dan packaging juga disampaikan pada event ini agar dapat mendorong/memotivasi para pelaku usaha khususnya KUKM dalam rangka pengembangan usaha untuk persaingan positif di bidang kopi.

Baca Lainnya : Kementan Ekspor 134 Ton Kopi ke Georgia dengan Nilai Ekonomi Rp134 Miliar

“Melalui kegiatan ini, diharapkan akan memberi pemahaman tentang dunia perkopian Indonesia kepada masyarakat luas, sehingga bagi para pengusaha skala keci, dan menegah dapat memanfaatkan peluang usaha di bisnis kopi ini,” ujarnya.

Sementara itu, Lisa Ayodhia sebagai panitia pelaksana yang juga pemrakarsa event tersebut meyampaikan bahwa acara ini sebagai salah satu upaya mencari jalan keluar tantangan agribisnis komoditas kopi dari hulu sampai hilir.

"Acara ini merupakan salah satu upaya mencari pemecahan masalah tantangan agribisnis komoditas kopi dari hulu ke hilir serta himbauan untuk bersatu memajukan dunia per-kopian Indonesia, peningkatan nilai tambah dan daya saing, serta dalam rangka promosi dan pemasaran kopi Indonesia," ujarnya.

Smesco Rembug Kopi Nasional yang dikemas dengan nuansa Bali bertemakan "coffee & culture" diselenggarakan mulai 20-22 September 2019 bertempat di Exhibition Hall, Smesco Indonesia. Adapun agenda menarik yang digelar seperti Talkshow startup di bidang kopi, bedah buku barista, pameran kopi nusantara, dan masih banyak lagi. [NN]


 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: