Menteri Susi Ingin IUU Fishing Tetap Jadi Prioritas Pemerintahan Mendatang

TrubusNews
Binsar Marulitua | Followers 0
19 Sep 2019   22:45

Komentar
Menteri Susi Ingin IUU Fishing Tetap Jadi Prioritas Pemerintahan Mendatang

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti memberikan pandangan dalam  Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Satgas 115 di kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Selasa (17/9/2019) (Foto : KKP)

Trubus.id -- Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti yang juga menjabat sebagai Komandan Satuan Tugas Pemberantasan Penangkapan Ikan Secara Ilegal (Satgas 115) menginginkan agar upaya pemberantasan illegal, unreported, and unregulated fishing (IUU Fishing) tetap menjadi prioritas kerja di masa pemerintah mendatang. 

Keinginan tersebut disampaikan dalam  Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Satgas 115 di kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Selasa (17/9/2019) lalu.

Menteri Susi menyampaikan Satgas 115 telah banyak memberikan kontribusi positif terhadap sumber daya kelautan dan perikanan Indonesia. ia mebinginkan ekspor perikanan terus menerus meningkat tanpa harus bergantung pada armada-armada kapal perikanan asing. 

“Buktikan Indonesia dapat membangun armada-armada baru. Pajak sektor perikanan kita sudah naik dari Rp800 miliar di tahun 2014 jadi Rp1,6 triliun di tahun 2018. PNBP sektor perikanan kita juga naik dari Rp300 miliar pada tahun 2014 menjadi Rp1 triliun pada tahun 2018.  Neraca perdagangan perikanan Indonesia juga menjadi nomor 1 di Asia Tenggara pada tahun 2015-2016. Hal ini adalah berkat komitmen dan ketegasan Satgas 115 yang telah memberikan efek jera kepada pelaku IUU Fishing,” ucapnya. 

Baca Lainnya : KKP: Reklamasi Harus Berpihak bagi Masyarakat Pesisir

Menteri Susi berpesan agar seluruh lini aparat penegak hukum yang tergabung dalam Satgas 115 sebagai ASN yang akan terus berada dalam pemerintahan di masa mendatang terus bersinergi menjaga kedaulatan laut Indonesia. 

Menurutnya, hal ini penting karena perang di masa mendatang akan mengarah pada kecukupan pangan. Oleh karena itu, sumber daya alam, terutama di bidang perikanan harus dijaga keberlanjutannya. 

“Saya mengingatkan kembali kepada Bapak/Ibu semua, terutama yang datang dari instansi TNI AL, KKP, Kejaksaan, Bakamla, Polair. Anda akan terus berada di sana, terus mempunyai kewajiban dan komitmen yang harus terus dijaga untuk memastikan sumber daya perikanan ini cukup dan terus ada untuk generasi yang akan datang,” ucapnya.

Sebagai informasi, Rakornas Satgas 115 akan diselenggarakan selama tiga hari pada tanggal 17-19 September 2019 dengan mengangkat tema “Memantapkan Peran Negara dan Masyarakat dalam Pemberantasan Illegal, Unreported, Unregulated Fishing (IUUF)”. 

Baca Lainnya : Terima Anggaran Rp6,47 Triliun, Ini Rincian Target KKP Sepanjang 2020

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Koordinator Staf Khusus Satgas 115, Mas Achmad Santosa; Staf Khusus Satgas 115, Yunus Husein; Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla), Laksdya TNI Taufiqurahman; Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Laut (AL), Laksdya TNI Wuspo Lukito; Plt. Jaksa Agung Muda Pidana Umum (Jampidum) Kejaksaan Agung, Ali Mukartono; Sekretaris Jenderal KKP, Nilanto Perbowo; dan Plt. Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan KKP, Agus Suherman. 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: