Sudin KPKP Jakarta Selatan Sterilisasi Puluhan Kucing di Kecamatan Mampang

TrubusNews
M. Iman P Perkasa
19 Sep 2019   20:00 WIB

Komentar
Sudin KPKP Jakarta Selatan Sterilisasi Puluhan Kucing di Kecamatan Mampang

Sudin KPKP Jakarta Selatan menggelar sterilisasi kucing jantan gratis di Kelurahan Pela, Kecamatan Mampang, Kamis (19/9) pagi. (Foto : Trubus.id/ M Iman Putra Perkasa)

Trubus.id -- Sudin Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Selatan menggelar kegiatan vaksinasi rabies dan sterilisasi kucing jantan gratis di Kantor kelurahan Pela, Kecamatan Mampang, Jakarta Selatan, Kamis (19/9) pagi.

Dalam kegiatan kali ini, sebanyak 27 kucing jantan disteril oleh 2 dokter hewan dari Pusat Pelayanan Kesehatan hewan dan peternakan Sudin KPKP Jakarta Selatan. Sementara itu, vaksinasi juga dilakukan pada 38 ekor Hewan Pembawa Rabies (HPR).

Kepala Satuan Pelaksana Sudin KPKP Kecamatan Mampang, Ferry Sukasmy mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan target Jakarta bebas rabies. Selain itu juga sebagai kontrol populasi kucing jalanan yang sangat cepat bertambah.

"Program sterilisasi kucing jantan dimulai sejak awal Januari tahun ini, menanggapi keluhan pecinta hewan yang menilai metode penangkapan kucing liar melanggar kesejahteraan hewan. Jadi untuk kontrol populasi kucing liar, kucing jantan harus disteril," terang Sukasmy ketika ditemui Trubus.id di sela kegiatan.

Ia menambahkan, kegiatan sterilisasi kucing jantan dan vaksinasi rabies sendiri sudah 3 kali diselenggarakan sepanjang tahun ini di wilayah Kecamatan Mampang.

"Sebenarnya kalau kegiatan vaksinasi di kecamatan Mampang rutin dilakukan, minimal sebulan sekali. Tapi kalau sterilisasi itu disesuaikan dengan permintaan warga yang ditampung di tingkat kelurahan. Minimal 20 kucing jantan. Karena disesuaikan dengan kemampuan dokter yang akan melakukan proses sterilisasi tersebut," terangnya lagi.

Kasie Peternakan dan Kesehatan Hewan Sudin KPKP Jakarta Selatan, Hera menambahkan, wilayahnya mendapat target vaksinasi rabies untuk 6.200  ekor hewan pembawa rabies. Dan sepanjang tahun ini, total sudah ada 4.135 ekor HPR yang sudah divaksinasi.

"Hingga 18 September kemarin, menurut data Sudin KPKP Jakarta Selatan sudah ada 4.135 ekor HPR yang divaksin rabies. Terdiri dari 696 ekor anjing, 3.377 ekor kucing, 22 ekor kera dan 40 ekor musang," terang Hera di kesempatan yang sama.

Warga sendiri menyambut baik langkah pencegahan penyebaran rabies dan kontrol populasi kucing liar yang selama ini dilakukan oleh Sudin KPKP Jakarta Selatan. Karena itu, mereka sangat antusias mendaftarkan hewan peliharaannya untuk mengikuti program ini.

"Seneng banget ada kegiatan seperti ini. Daftarnya juga mudah. Bisa lewat WA dan gratis pula. Cuma nunjukin KTP aja," terang Iman, warga sekitar Kelurahan Pela, Mampang yang hadir untuk mensteril kucing jantan miliknya. [RN]

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: