Kawasan Bermuda Gelap Gulita Saat Badai Humberto Menerjang Rabu Malam

TrubusNews
Syahroni
19 Sep 2019   20:30 WIB

Komentar
Kawasan Bermuda Gelap Gulita Saat Badai Humberto Menerjang Rabu Malam

Mata Badai Humberto dilihat sebagai National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) Hurricane Hunter terbang melintasinya, (16/9). (Foto : NOAA/Lisa Bucci/via REUTERS)

Trubus.id -- Badai Humberto merobohkan jaringan listrik di Bermuda pada Rabu (18/9) malam, membuat hampir seluruh kepulauan Atlantik menjadi gelap, ketika badai menghantam wilayah Inggris dengan angin kencang dan hujan lebat.

Bahkan ketika Badai Humberto bergerak menjauh, Pusat Badai Nasional A.S. yang berpusat di Miami meramalkan periode angin kencang yang berkepanjangan hingga Kamis dan memperingatkan bahwa gelombang ombak berbahaya dapat menyebabkan banjir pantai semalam.

Lebih dari 28.000 rumah dan bisnis telah kehilangan listrik pada sore hari, menurut perusahaan listrik Belco. Penerbangan dibatalkan dan beberapa warga di ibukota, Hamilton, menutup jendela dengan papan kayu dan lembaran logam. Belco mengatakan akan mulai memulihkan tenaga pada Kamis pagi.

Baca Lainnya : Setelah Dorian, Badai Baru Diprediksi Akan Hantam Bahama 2 Minggu ke Depan

Pejabat Bermudan memperingatkan penduduk agar menjauhi jalan dan bersiap menghadapi kemungkinan tornado ketika badai semakin cepat dan kondisi cuaca memburuk. Para pejabat juga melaporkan bahwa orang-orang yang mencari perlindungan di tempat penampungan darurat di sekolah menengah umum harus dipindahkan setelah jendela rusak.

James Dodgson, direktur Layanan Cuaca Bermuda, mengatakan kondisinya sudah memburuk.

"Aku bahkan tidak bisa mengesampingkan beberapa tornado terisolasi. ... Kami memiliki situasi yang sangat serius karena kami memiliki badai yang sangat besar yang bergerak ke utara kami, ”katanya dalam konferensi pers dilansir dari Reuters, Kamis (19/9).

Pada hari Rabu, mata badai terletak di sebelah barat nusantara, yang terletak sekitar 1.050 km di timur Amerika Serikat. Badai itu berkecepatan 120 mil per jam (193 kph) angin dan menambah kecepatan pada sore hari, bergerak pada 20 mph (31 kph). Humberto adalah badai Kategori 3 pada skala lima langkah badai Saffir-Simpson, kata NHC.

Baca Lainnya : 1.300 Warga Bahama Hilang Usai Dihantam Badai Dorian

Koordinator Bencana Nasional Bermuda Steve Cosham memperingatkan bahwa badai dapat menumbangkan pohon dan merobohkan kabel listrik, sementara tornado dapat merusak bangunan. Resident Saivo Goater menempatkan papan di pintu kaca geser dari hunian berlantai dua, mengingat badai top-to-back pada tahun 2014 yang merobek bagian atapnya.

"Saya tidak ingin melalui itu lagi," kata Goater. "Lebih baik aman daripada menyesal."

Para pejabat mengakhiri layanan feri pemerintah dan menutup jalan utama menuju bandara pada Rabu malam. Mereka juga membuka tempat penampungan di sebuah sekolah menengah dengan ruangan untuk 100 orang. Sekolah ditutup dan ambulans siaga, kata seorang saksi mata. [RN]

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: