Menkes Minta Dinkes Siaga Layani Masyarakat Terdampak Asap Karhutla

TrubusNews
Astri Sofyanti
17 Sep 2019   13:00 WIB

Komentar
Menkes Minta Dinkes Siaga Layani Masyarakat Terdampak Asap Karhutla

Warga yang berada di pos kesehatan di Pekanbaru, Riau (Foto : Dok BNPB)

Trubus.id -- Menteri Kesehatan RI Nilla Farid Moeloek meminta Dinas Kesehatan (Dinkes) yang berada di wilayah terdampak asap kebakaran hutan dan lahan (karhutla) untuk bersiaga melayani masyarakat yang terdampak kabut asap.

Diketahui, sampai saat ini karhutla masih melanda Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan mengakibatkan banyak warga yang terserang Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).

Melalui keterangan resminya, Selasa (17/9) Menkes Nila menginstruksikan Dinkes untuk menyiagakan seluruh puskesmas yang berada di wilayah terdampak karhutla untuk bersiaga melayani keluhan masyarakat yang terdampak kabut asap.

Sebelumnya sesuai arahan Menteri Kesehatan, Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Oscar Primadi meminta masyarakat yang berada di wilayah terdampak karhutla untuk memanfaatkan posko-posko kesehatan bila merasakan sesak napas.

Baca Lainnya : Warga Terserang ISPA Akibat Kabut Asap di Kalteng Dapat Pengobatan Gratis

“Pos kesehatan telah disediakan di mana-mana, segera datangi pos kesehatan kalau merasa ada yang tidak beres dengan pernapasan. Begitupun dengan gejala penyakit lain segera konsultasikan ke pos kesehatan, Puskesmas, dan rumah sakit,” ujarnya beberapa waktu lalu.

Data Pusat Krisis Kesehatan Kementerian Kesehatan menyebut jumlah warga terdampak asap karhutla hingga menderita ISPA di Riau mencapai 16.372 orang. Sementara di Jambi selama Juli-Agustus mencapai 15.047 orang, Sumatera Selatan dari Maret-September tertinggi ada di Palembang dengan jumlah 76.236 orang. Sementara di Kalimantan Barat data terakhir pada Juli berjumlah 15.468 orang, Kalimantan Tengah dari Mei-September penderita ISPA tertinggi ada di Palngkaraya dengan jumlah 11.758 orang, Kalimantan Selatan data Juni-Agustus tertinggi di Banjarbaru sebanyak 10.364 orang.

Baca Lainnya : Kabut Asap Makin Pekat, Warga Sumatera Selatan Diimbau Gunakan Masker

Pos kesehatan telah disediakan di masing-masing wilayah. Untuk sementara jumlah pos kesehatan yang diterima Kemenkes di antaranya 15 pos di Palangkaraya, 39 pos di Jambi dan menyiagakan 168 Puskesmas, 16 pos di Kalimantan Selatan. Di Riau sendiri, seluruh rumah sakit diimbau mendirikan pos kesehatan, serta seluruh Puskesmas disiagakan.

Kementerian Kesehatan telah memberikan bantuan alat penjernih udara kepada Dinkes Provinsi Riau. Selain itu, pemerintah daerah juga menyediakan Rumah Singgah/Posko Pengungsian Dampak Asap di Aula Bawah Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hulu, pelayanan kesehatan kepada warga di wilayah kerja Dinkes Pelalawan, dan pembagian masker oleh Dinkes Pekanbaru. [NN]

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: