Jumlah Bibit Gratis dari KLHK yang Disalurkan ke Masyarakat, Disesuaikan dengan Luas Lahan

TrubusNews
Syahroni
12 Sep 2019   22:30 WIB

Komentar
Jumlah Bibit Gratis dari KLHK yang Disalurkan ke Masyarakat, Disesuaikan dengan Luas Lahan

Kebun Persemaian Permanen Cimanggis. (Foto : Trubus.id/ Syahroni)

Trubus.id -- Masyarakat berbondong-bondong mendatangi Persemaian Permanen Cimanggis yang dikelola UPT Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) Citarum-Ciliwung di Jalan Raya Bogor, Tapos, Depok, Jawa Barat sejak Jumat (6/9) lalu. Kedatangan mereka untuk mendapat bibit gratis seperti kabar yang tengah viral di media sosial.

Cecep Firman, manajer Persemaian Permanen Cimanggis BPDASHL Citarum-Ciliwung mengatakan, untuk dapat bibit gratis masyarakat hanya perlu membawa fotokopi KTP dari domisili mana pun. Satu orang maksimal mendapatkan 25 bibit pohon yang terdiri atas 20 jenis tanaman kayu dan 5 jenis tanaman buah, seperti jambu, pisang, nangka, durian, atau mangga. Jika berminat, warga bisa datang ke BPDASHL Citarum-Ciliwung, pada Senin hingga Sabtu pukul 08.00-15.00.

Cecep mengatakan, dasar pemberian tentunya tergantung dari luas lahan yang akan ditanami bibit tersebut. Hal itu yang sudah berulang kali disosialisasikan ke masyarakat sebelum mendapatkan bibit gratis tersebut.

"Kita kan enggak mau juga bibitnya jadi percuma. Jadi disesuaikan dengan lahan yang akan ditanami. Tapi kalau kelompok, ada syarat lain. Proposal, denah lahan yang akan ditanami dan lain-lain," terang Cecep. 

Sementara itu, sebelumnya Kepala Seksi Evaluasi DASHL BPDASHL Citarum-Ciliwung Ari Sulistyo menuturkan pihaknya juga akan melakukan monitoring dan kontrol. Petugas akan mendata lokasi bibit akan ditanam, baik perorangan seperti di rumah maupun kelompok di lahan yang luas.

Di beberapa kesempatan, Menteri LHK, Siti Nurbaya pun gencar mengajak masyarakat untuk menghijaukan bumi dengan menanam pohon dan membuat hutan di halaman rumah. Pihaknya menyediakan bibit pohon gratis di 52 persemaian permanen yang tersebar di seluruh provinsi.

"Program ini sudah kita jalankan beberapa tahun terakhir. Kamu bisa tanam pohon apa saja, bisa memilih bibit sendiri. Hampir semua jenis bibit buah-buahan khas Indonesia ada, juga bibit pohon penghijauan yang bakal meneduhkan halaman rumah," tutur Siti di Jakarta, belum lama ini.

"Ingat, bibit yang diberikan gratis ini untuk ditanam di rumah sendiri, bukan untuk dijual lagi. Menanam pohon untuk masa depan anak dan cucu kelak. Buat hutan di rumah kita untuk hijaukan kembali Indonesia," imbuhnya.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Upaya Outreach Sawit Indonesia Berkelanjutan di Slowakia

Peristiwa   16 Des 2019 - 09:20 WIB
Bagikan:          
Bagikan: