China Kembangkan Durian, Thailand Tingkatkan Kualitas untuk Hadapi Persaingan

TrubusNews
Syahroni
11 Sep 2019   07:00 WIB

Komentar
China Kembangkan Durian, Thailand Tingkatkan Kualitas untuk Hadapi Persaingan

Saat China mulai serius mengeksplorasi durian, Thailand sebagai negara pengekspor terbesar ke negara tersebut mulai meningkatkan kualitas produksinya. (Foto : Chiang Mai City Life)

Trubus.id -- Para petani durian di Thailand kini mulai terdesak untuk bisa mmastikan kualitas durian. Hal ini terjadi usai China mulai mengeksplorasi produksi durian di negaranya. Thailand memperhatikan upaya di China untuk menghasilkan durian, karenanya pejabat Thailand memperingatkan petani untuk meningkatkan kualitas buah mereka dalam persiapan untuk kompetisi di masa depan, menurut sumber berita setempat.

China selama ini mewakili pasar ekspor terbesar Thailand untuk durian segar. Namun, upaya sedang dilakukan di China untuk mengembangkan produksi dalam negeri, dan untuk pertama kalinya ada tanda-tanda keberhasilan.

Wanlada Rattanapanich, direktur kantor Departemen Promosi Perdagangan Internasional Thailand di Nanning, China mengatakan kepada The Nation, departemen telah menyaksikan upaya Cina untuk menanam durian selama beberapa waktu.

Baca Lainnya : Mentan Ingin Kabupaten Kuningan jadi Penghasil Durian Ekspor Terbaik

“Sebuah perusahaan swasta di provinsi Hainan membeli 20 bibit durian 'Sanno' dari Malaysia dan berhasil menanamnya di kota Sanya di Hainan selatan,” kata Rattanapanich dilansir dari The Nation.

Feng Xuejie, presiden Institut Buah Tropis Hainan, mengatakan kepada The Nation, petani China telah berjuang untuk menanam durian selama beberapa dekade karena kurangnya ruang dan waktu, karena dapat memakan waktu antara empat dan delapan tahun bagi pohon durian untuk berbuah.

“Kami telah mencoba menumbuhkan pohon durian selama beberapa dekade, tetapi hasilnya sebagian besar tidak memuaskan, seperti buah kecil dan rasa hambar,” kata Xuejie.

Baca Lainnya : Kementan: Neraca Perdagangan Durian Lokal Surplus

“Meskipun upaya terbaru untuk menumbuhkan durian Sanno dari Malaysia cukup berhasil, masih ada risiko kegagalan jika area pertanian tidak dapat mengendalikan kondisi cuaca seperti yang kami lakukan di lab dan plot pengujian.” ujarnya lagi.

Meskipun Rattanapanich mengatakan China saat ini tidak dapat menghasilkan durian dengan kualitas atau kuantitas yang cukup untuk konsumsi domestik, dengan lebih banyak pekerjaan yang harus dilakukan di masa depan.

"Saat ini lebih dari 80 persen durian segar di pasar China diimpor dari Thailand. Untuk mempertahankan pangsa pasar, petani Thailand perlu menjaga dan meningkatkan kualitas produk kami terutama dalam hal ukuran buah dan rasa yang unik." jelas Rattanapanich. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bambang Ismawan Ungkap Tantangan Mendirikan Majalah Trubus

Peristiwa   06 Des 2019 - 15:13 WIB
Bagikan: