Hadapi Puncak Musim Kemarau, BMKG, KLHK, BNPB dan BPPT Siapkan Hujan Buatan

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
10 Sep 2019   19:00

Komentar
Hadapi Puncak Musim Kemarau, BMKG, KLHK, BNPB dan BPPT Siapkan Hujan Buatan

KLHK dan BMKG melakukan konferensi pers terkait kebakaran hutan dan lahan di Kantor KLHK, Jakarta, Selasa (10/9/19) (Foto : Trubusid/Astri Sofyanti)

Trubus.id -- Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengungkapkan mendekati puncak musim kemarau, BMKG bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bekerja sama untuk melakukan operasi teknologi modifikasi cuaca (TMC) atau hujan buatan untuk mengantisipasi puncak musim kemarau.

“BMKG bersama BPPT dan BNPB sudah melakukan operasi hujan buatan di Palebang dan Pekanbaru. Kenapa baru dua lokasi, karena penyemaian garam untuk melakukan hujan buatan harus berdasarkan kondisi. Kami telah mendirikan dua posko operasi hujan buatan di Palembang dan Pekanbaru. Ke depan kami juga sudah mempersiapkan penyemaian garam di Kalimantan Barat,” kata Dwikorita ketika memberikan keterangan pers terkait kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kantor Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Senayan, Jakarta, Selasa (10/9/19).

Untuk melakukan hujan butan diakui Dwikorita diperlukan bibit-bibit awan. “Bibit-bibit awan ini baru terlihat kemarin, 9 September 2019. Kita baru menyiapkan karena vbibitnya baru datang. Kami menyiapkan ini sudah sejak beberapa bulan lalu,” ucapnya lagi. Lebih lanjut dirinya mengungkapkan bahwa titik panas masih berpotensi hingga Oktober mendatang.

“Sebetulnya prediksi ini sudah dilakukan sebelumnya, BMKG, BPPT juga berusaha membuat hujan buatan, tapi kesulitannya jika tidak ada bibit awan tidak bisa dilakukan hujan buatan,” tambahnya.

Sementara itu, Plt. Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Raffles B. Panjaitan mengatakan, kegiatan teknologi mudifikasi cuaca (hujan buatan) hingga 9 September 2019, telah dilakukan 207 kali sorti dan menggunakan garam sebanyak 160.816 kilogram.

  1


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Cindy Tanaka 10 Sep 2019 - 21:35

permisi ya mau numpang promosi bo kelinci99 silahkan kunjungi WWWoKELINCIPOKER99oME

Artikel Terkait

Bagikan: