Terdampak Asap Karhutla Kalimantan, Pemerintah Malaysia Liburkan Puluhan Sekolah

TrubusNews
Syahroni | Followers 2
10 Sep 2019   19:30

Komentar
Terdampak Asap Karhutla Kalimantan, Pemerintah Malaysia Liburkan Puluhan Sekolah

Ilustrasi kebakaran hutan. (Foto : Reuters)

Trubus.id -- Kebakaran hutan telah berkobar di beberapa bagian pulau Sumatra di Indonesia dan provinsi Kalimantan di Kalimantan dalam beberapa pekan terakhir, memaksa pemerintah mengirim ribuan tentara dan polisi untuk memadamkan api. Negara-negara tetangga Indonesia secara teratur mengeluh tentang kabut asap yang disebabkan oleh kebakaran hutannya - seringkali dimulai oleh para petani yang mencoba membuka lahan untuk perkebunan kelapa sawit dan kertas.

Pemerintah Malaysia mengirim setengah juta masker wajah ke negara bagian timur Sarawak dan menutup lebih dari 400 sekolah di sana pada hari Selasa (10/9) ketika kabut asap menyebar akibat kebakaran hutan di negara tetangga Indonesia, kata para pejabat dilansir dari Reuters. Pihak berwenang di Singapura juga mengatakan, kondisi udara bisa mencapai tingkat tidak sehat di sana selama 24 jam ke depan jika angin terus membawa asap dari Indonesia, dan menyarankan siapa pun yang merasa tidak sehat untuk segera mencari pertolongan medis.

Baca Lainnya : Kalimantan Tengah Perpanjang Status Siaga Karhutla Hingga Akhir September

Pemerintah Malaysia sendiri telah menutup 409 sekolah di Sarawak, di sisi Kalimantan Malaysia, pada Selasa karena kabut asap, kata departemen pendidikan negara. Badan Penanggulangan Bencana Nasional Malaysia (NADMA) mengatakan pihaknya telah mengirim 500.000 masker ke negara bagian itu, setelah indeks polusi udara mencapai tingkat yang tidak sehat pada hari Selasa.

Satu distrik Sarawak menyaksikan tingkat pencemaran yang "sangat tidak sehat" pada tahun 201, sementara bacaan yang tidak sehat terlihat di lima negara bagian Malaysia lainnya di semenanjung negara itu, kata badan itu.

Asia Tenggara telah menderita selama bertahun-tahun akibat serangan asap tahunan yang disebabkan oleh praktik tebang-dan-bakar petani Indonesia, meningkatkan kekhawatiran tentang kesehatan dan dampaknya terhadap pariwisata.

Baca Lainnya : BNPB Tegaskan Asap Karhutla Tidak Sampai ke Singapora dan Kuala Lumpur

Pemerintah Indonesia pekan lalu mengatakan telah mendeteksi perlintasan kabut asap dari Kalimantan di Kalimantan ke sisi Malaysia di pulau itu. Tetapi pada hari Selasa, agensi iklimnya membantah temuan Malaysia dan Singapura bahwa negara-negara itu juga melihat kabut asap dari kebakaran di pulau Sumatra.

"Adapun kabut lintas batas, belum ada yang terdeteksi dari wilayah Sumatera menuju semenanjung Malaysia," kata badan iklim itu.

Ia menambahkan bahwa tanda-tanda kebakaran hutan juga terlihat di Malaysia, Filipina, Papua Nugini, Vietnam, Timor Leste dan Thailand. Singapura mencatat kondisi yang agak kabur pada hari Selasa karena kebakaran terus-menerus di provinsi Riau dan Jambi di Sumatra, kata badan lingkungan nasional negara itu. [RN]

  1


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Cindy Tanaka 10 Sep 2019 - 21:34

permisi ya mau numpang promosi bo kelinci99 silahkan kunjungi WWWoKELINCIPOKER99oME

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: