Topan Faxai Hantam Jepang, 390 Ribu Warga Terpaksa Mengungsi

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
09 Sep 2019   13:30

Komentar
Topan Faxai Hantam Jepang, 390 Ribu Warga Terpaksa Mengungsi

Sebuah truk terguling di tengah terjangan Topan Faxai (Foto : AFP/JIJI PRESS)

Trubus.id -- Topan Faxai menghantam Tokyo, Jepang, Senin (9/9) pagi. Akibatnya 390 ribu warga Jepang dievakuasi mengungsi ke tempat yang lebih aman. Prakirawan cuaca memperingati jika topan ini membawa hujan lebat dan angin berkecepatan hingga 210 kilometer per jam. Dengan kecepatan putaran angin hingga 210 kilometer per jam, Faxai adalah salah satu topan terkuat di ibu kota Jepang dalam satu dekade terakhir.

Kepolisian Jepang mengonfirmasi adanya satu korban tewas akibat Faxai, yakni seorang wanita berusia sekitar 50-an tahun di Tokyo. Kamera pengawas memperlihatkan korban terpental dan menghantam tembok akibat tiupan angin kencang.

Perusahaan Tokyo Electric Power melaporkan, listrik di sekitar 290.000 rumah putus ketika Topan Faxai mendarat. Pihak berwenang setempat juga melaporkan akibat pemadaman listrik massal menggangu transportasi.

Baca Lainnya : Badai Dorian Sebabkan Tumpahan Minyak di Daratan Bahama

Dilaporkan BBC, Senin (9/9), badai itu juga memengaruhi layanan transportasi, di mana sekitar 100 jadwal kereta Shinkansen dan 100 penerbangan di Tokyo dibatalkan.

"Harap waspada penuh terhadap hembusan dan gelombang tinggi dan waspadai tanah longsor, banjir, dan sungai bengkak," sebut laporan Badan Metereologi Jepang.

Topan Faxai datang ke Jepang setelah menghantam Korea Utara, Minggu (8/9). Topan ini bahkan menewaskan lima orang warga Korea Utara. Pihak berwenang bahkan mengeluarkan peringatan evakuasi tidak-wajib bagi lebih dari 390.000 warga di prefektur Kanagawa, Shizuoka, dan Tokyo.

Baca Lainnya : Badai Dorian Ancam Populasi Burung yang Terancam Punah

JR East, operator utama kereta api di daerah pinggiran Tokyo, dikabarkan membatalkan jadwal kereta mereka di kawasan tersebut hingga Senin (9/9) pagi untuk memberi waktu proses inspeksi lajur kereta yang mungkin rusak akibat topan.

Topan Faxai kini mengarah ke utara dengan kecepatan 25 kilometer per jam dan diperkirakan akan menerjang sisi timur laut Jepang. Pemerintah juga memberi peringatan kemungkinan terjadinya longsor dan luapan sungai. [NN]

 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: