Kabut Asap Makin Pekat, Warga Sumatera Selatan Diimbau Gunakan Masker

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
09 Sep 2019   10:32

Komentar
Kabut Asap Makin Pekat, Warga Sumatera Selatan Diimbau Gunakan Masker

Kebakaran hutan dan lahan menimbulkan kabut asap. (Foto : Dok. BNPB)

Trubus.id -- Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di Sumatera Selatan (Sumsel) mengakibatkan kabut asap yang cukup pekat. Dilaporkan kabut asap telah menyebar ke sejumlah wilayah di Palembang. Guna mengantisipasinya, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan meminta seluruh masyarakat untuk mulai menggunakan masker jika beraktivitas di luar ruangan karena kabut asap kian pekat.

Pasalnya kabut asap akibat karhutla bisa berdampak buruk bagi kesehatan khususnya pada sistem pernapasan.

“Dinas kesehatan Sumsel sudah menyebarkan surat edaran ke kabupaten/kota menggunakan masker untuk mencegah penyakit yang bisa disebabkan oleh asap yakni infeksi saluran pernapasan akut (ISPA),” kata Kepala Dinas Kesehatan Sumatera Selatan Lesty Nuraini di Palembang, Senin (9/9), mengutip Antaranews.

Baca Lainnya : BMKG: 12 Wilayah Berpotensi Terjadi Peningkatan Karhutla dalam Lima Hari ke Depan

Lebih lanjut diakuinya, imbauan menggunakan masker ini disampaikan Dinas Kesehatan di kabupaten/kota, terutama di wilayah yang rawan terjadi kebakaran hutan. Selain itu, pihaknya juga mengimbau agar masyarakat tidak membakar lahan karena akan sulit memadamkannya dan dapat menimbulkan kabut asap.

Sementara itu, Kasi Observasi dan Informasi BMKG SMB II Palembang, Bambang Beny Setiaji menjelaskan, kondisi kabut asap yang masuk ke Palembang, dipengaruhi oleh angin yang berhembus dari tenggara dengan kecepatan 5-15 Knot (9-28 kilometer). Bambang mengatakan, dari sumber satelit Lapan pada 4 September 2019, tercatat titik panas di wilayah sebelah tenggara Kota Palembang dengan tingkat kepercayaan di atas 80 persen.

"Wilayah penyumbang asap ke Palembang yakni Pampangan, Tulung Selapan, Cengal, Mesuji dan Pematang Panggang. Jarak Pandang terendah pagi tadi tanggal 4 September 2019 yang tercatat di Bandara SMB II Palembang 1,2-1,5 Km dengan Kelembapan 90-96 persen dengan keadaan cuaca asap," ujarnya menjelaskan. [NN]

 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: