BMKG Deteksi Dua Kali Gempa Mengguncang Raja Ampat

TrubusNews
Astri Sofyanti
07 Sep 2019   10:04 WIB

Komentar
BMKG Deteksi Dua Kali Gempa Mengguncang Raja Ampat

Ilustrasi gempa (Foto : Trubus.id)

Trubus.id -- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kembali mendeteksi gempa bumi di kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat, Sabtu (7/9/19). Gempa yang terjadi pukul 08.28 WIT berkekuatan magnitudo 4,2 (M=4,2). BMKG menegaskan bahwa gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Stasiun Geofisika BMKG Sorong, Sabtu (7/9/19) mengutip Antaranews, gempa bumi susulan berkkautan magnitudo 4,2 terjadi pada koordinat 0.45 Lintang Selatan (LS) dan 130.64 Bujur Timur (BT) dengan 21 kilometer Barat Raja Ampat dan 82 kilometer barat laut Sorong dengan kedalaman 10 kilometer.

Sebelumnya, pada pukul 00:55 WIT terjadi gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,4 pada pukul 06.14 WIT, gempa tektonik ini membuat warga setempat panik. Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar lokal.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme penyesaran normal (normal fault).

Guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Raja Ampat II-III MMI getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu dan Sorong I-II MMI Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

“Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa,” tulis peringatan BMKG.

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Bambang Ismawan Ungkap Tantangan Mendirikan Majalah Trubus

Peristiwa   06 Des 2019 - 15:13 WIB
Bagikan: