Uni Eropa Diminta Lebih Memperketat Regulasi Perdagangan Gading Gajah

TrubusNews
Syahroni | Followers 2
04 Sep 2019   22:00

Komentar
Uni Eropa Diminta Lebih Memperketat Regulasi Perdagangan Gading Gajah

Beragam produk gading yang sudah diubah menjadi produk seni di Eropa. (Foto : Inhabitat)

Trubus.id -- Uni Eropa kini tengah menghadapi tekanan yang semakin besar untuk membuat regulasi yang lebih ketat tentang perdagangan gading di wilayah perbatasannya. Meskipun ada seruan untuk penutupan, sebuah panel dari Konvensi Perdagangan Internasional Spesies Terancam Punah (CITES) memutuskan untuk mendorong kembali keputusan tersebut di tahun depan.

Eropa sudah memiliki aturan perdagangan yang ketat, tetapi bagi LSM, aturan itu tidak berfungsi. Hal itu diungkapkan direktur kebijakan internasional di International Fund for Animal Walfare.

Baca Lainnya : Tolak Hentikan Perdagangan Gading Gajah, Zimbabwe Berencana Keluar dari CITES

"Langkah-langkah UE, saat ini, tidak sepenuhnya efektif dalam pandangan kami dan ada beberapa celah di dalamnya, khususnya yang berkaitan dengan apa yang dikenal sebagai gading 'olahan', sehingga gading telah dipahat menjadi barang-barang," ujarnya dilansir euronews.com.

“Secara teori, jika ini barang antik, masih diperbolehkan dijual di UE, tetapi tidak ada beban pembuktian untuk memastikan bahwa barang-barang ini adalah barang antik. Dan inilah peluang yang dimanfaatkan penjahat untuk lalu lintas gading ilegal di sekitar. Jadi itu sebabnya sangat penting bahwa setiap orang tutup, baik pasar legal maupun pasar ilegal yang ada saat ini, tetapi perlu penegakan hukum yang lebih baik." ungkapnya lebih jauh.

Baca Lainnya : Terbesar dalam Sejarah China, Penyelundupan 7,48 Ton Gading Gajah Digagalkan

Sebuah studi baru-baru ini menunjukkan bahwa hingga seperlima dari objek gading berasal dari gajah yang terbunuh setelah larangan perdagangan global pada tahun 1990.

Menurut kelompok konservasi WWF, sebanyak 60% kematian gajah disebabkan oleh perburuan liar. LSM menginginkan larangan total perdagangan gading di negara-negara anggota UE untuk memberikan kesempatan bagi populasi gajah untuk berkembang. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: