Setelah Ladongi & Ameroro, PUPR Juga Siapkan Bendungan Pelosika Cegah Banjir Sulteng

TrubusNews
Binsar Marulitua | Followers 0
03 Sep 2019   11:30

Komentar
Setelah Ladongi & Ameroro, PUPR Juga Siapkan  Bendungan Pelosika  Cegah Banjir Sulteng

Deskripsi Pembangunan Bendungan Pelosika, Sulawesi Tenggara (Foto : Kementerian PUPR)

Trubus.id -- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sedang menggarap dua bendungan di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) untuk pengendali banjir pasca banjir bandang di beberapa kota/kabupaten di Sultra pada awal Juni lalu. 

Selanjutnya pada tahun 2020 akan disiapkan pembangunan bendungan dengan kapasitas yang jauh lebih besar yakni Bendungan Pelosika yang berkapasitas 822 juta m3 dengan membendung Sungai Konawe. 

Kepala Balai Wilayah Sungai Sulawesi IV Kendari Haeruddin C Maddi mengatakan, dalam mengurangi risiko banjir di Sultra, Kementerian PUPR melalui Balai Wilayah Sungai Sulawesi IV Kendari tengah menyelesaikan pembangunan Bendungan Ladongi di Kabupaten Kolaka Timur dengan kapasitas 45,9 juta m3, 

"Progres fisik mencapai 60%," jelas Haeruddin dalam keteranga tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa (3/9/2019). 

Baca Lainnya : 144 Desa masih Terendam Banjir di Konawe, Sulawesi Tengara

Kemudian Bendungan Ameroro dengan kapasitas tampung 55,1 juta m3 di Kabupaten Konawe akan segera ditenderkan pada akhir 2019. Anggarannya sekitar 1,3 triliun dan saat ini telah sampai pada tahap pembahasan teknis oleh Komisi Keamanan Bendungan.

Selain itu, BWS Sulawesi IV Kendari juga telah merencanakan membangun kolam retensi di tiga lokasi dan satu waduk pengendali banjir di daerah hulu sebagai upaya tambahan dalam menanggulangi banjir.

“Jika sistem kolam retensi dan waduk pengendali banjir ini bekerja ditambah tanggul yang sedang dikerjakan, maka dapat mereduksi banjir di Kota Kendari hingga 50%” kata Kepala BWS Sulawesi IV Kendari, Haeruddin C Maddi.

Baca Lainnya : 2 Kecamatan Masih Terisolisasi, Masa Tanggap Darurat Banjir di Konawe Diperpanjang

Kepala BPJN XXI Kendari Yohanis Tulak menambahkan dalam penanganan banjir di Kota Kendari juga akan dibangun jembatan timbang dan memasang portal permanen pada Jembatan Rahabangga sekaligus menambah bentang jembatan selebar ambang Bendungan Ameroro. 

Saat ini pembangunannya sedang menunggu Surat Keputusan dari Gubernur Sultra. Sementara Anggota Komisi V DPR RI Sigit Sosiantomo dan Hamka Baco Kady mengarahkan agar disiapkan pompa untuk masing-masing kolam retensi  dan persiapan pengadaan lahan sesuai kebutuhan.

 

  1


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Fransiska Lie 03 Sep 2019 - 21:25

permisi ya mau numpang promosi bo kelinci99 silahkan kunjungi WWWoKELINCIPOKER99oME

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: