Badai Dorian Hancurkan Bahama, Ancaman Besar Bagi Sebagian Wilayah Amerika

TrubusNews
Syahroni
02 Sep 2019   20:00 WIB

Komentar
Badai Dorian Hancurkan Bahama, Ancaman Besar Bagi Sebagian Wilayah Amerika

Citra satelit badan Dorian. (Foto : NOAASatellitePA/Twitter)

Trubus.id -- Dengan kecepatan puncak 185 mph (300 km / jam), Topan Dorian adalah badai terkuat yang pernah tercatat menyerang Bahama, dan mengancam akan membawa angin topan, banjir pantai, dan dampak lainnya ke pantai timur Florida dan AS Tenggara.

Badai Dorian adalah badai terkuat kedua (sebagaimana dinilai oleh angin maksimum yang berkelanjutan) yang tercatat di Samudra Atlantik, di belakang Badai Allen tahun 1980, dan itu dikaitkan dengan Badai Hari Buruh tahun 1935 untuk judul badai Atlantik terkuat di pendaratan.

Ketika badai berakhir di pantai timur Florida, National Hurricane Center telah memposting peringatan badai untuk beberapa daerah. Peringatan badai membentang dari Jupiter Inlet (tepat di utara Pantai Palm Barat) ke garis county Volusia / Brevard (tepat di utara Titusville). Peringatan gelombang badai membentang dari dekat West Palm Beach ke Titusville. Peringatan ini difokuskan pada periode dari Senin malam hingga awal Rabu.

Baca Lainnya : Badai Dorian Hantam Bahama, Kecepatan Angin Capai 295 Kilometer per Jam

Meskipun pusat Dorian, yang mengandung angin Kategori 5 yang ekstrem, mungkin tetap lepas pantai, jalur prakiraannya yang begitu dekat dengan pantai mengharuskan peringatan tersebut.

"Sebuah penyimpangan kecil di sebelah kiri lintasan dapat membawa inti yang kuat dari angin topan yang angin kencang mendekat ke atau ke pantai Florida," tulis Hurricane Center dalam diskusi jam 5 sore hari Minggu kemarin.

Skenario "malapetaka" sedang berlangsung di Bahama barat laut, tempat mata angin topan itu, lingkaran angin penghancur di sekitar pusat, menghantam Ahad. Badai itu mendarat pada pukul 12:40 siang waktu setempat di Elbow Cay, Abacos. Pusat Badai melaporkan bahwa badai menuju dengan segala amarahnya ke arah Grand Bahama.

"Ini adalah situasi yang mengancam jiwa. Warga di sana harus segera berlindung. Jangan berani-beraninya memperhatikan jika melewati lokasi Anda," Hurricane Center memperingatkan.

Baca Lainnya : Badai Dorian Akan Datang, Badan Antariksa AS Bersiap untuk Kemungkinan Terburuk

Khususnya, badai melepaskan hembusan angin lebih dari 220 mph (354 km / jam), bersama dengan gelombang badai yang membanjiri 18 hingga 23 kaki (5,5 hingga 7 meter) di atas level pasang normal.

"Bahaya ini akan menyebabkan kerusakan ekstrem di daerah yang terkena dampak dan akan berlanjut selama beberapa jam," kata NHC.

Badai bergerak perlahan menuju Florida dan Amerika Serikat Tenggara, tetapi jalur pastinya tetap agak tidak pasti, dengan model komputer meramalkan pergerakan sedikit lebih dekat ke pantai Minggu pagi. Florida mungkin kehilangan amarah penuh dari badai hebat ini, tetapi bahaya masih mungkin terjadi. Pesisir Georgia dan Carolina juga berisiko.

"Gelombang badai yang mengancam jiwa dan angin topan yang berbahaya masih mungkin terjadi di sepanjang bagian timur pantai Florida pada pertengahan minggu ini," tulis Hurricane Center. 

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: