2.000 Titip Api Baru Terpantau di Amazon, 48 Jam Usai Larangan Bakar Lahan Dikeluarkan

TrubusNews
Syahroni
02 Sep 2019   18:30 WIB

Komentar
2.000 Titip Api Baru Terpantau di Amazon, 48 Jam Usai Larangan Bakar Lahan Dikeluarkan

Kobaran api di sepanjang jalan raya di kota Porto Velho, di negara bagian Rondonia Brasil, bagian dari Amazon. (Foto : Eraldo Peres/ AP)

Trubus.id -- Kebakaran baru terus bermunculan di hutan Amazon meskipun upaya terbaru pemerintah Brasil untuk menghentikan deforestasi di wilayah tersebut. Lembaga Penelitian Luar Angkasa Nasional Brasil (INPE) menerbitkan data satelit yang menunjukkan bahwa dalam 48 jam setelah larangan pembakaran oleh pemerintah Brasil, yang dikeluarkan Kamis lalu, ada 3.859 titik kebakaran baru dan sekitar 2.000 di antaranya berada di Amazon, seperti dilansir dari Daily Mail, Senin (2/9).

INPE juga melaporkan bahwa dari 88.816 kebakaran di Brasil tahun ini, 51,9 persen terjadi di hutan hujan. Di bulan Agustus kemarahan global meletus karena kebakaran yang berkobar di Amazon, termasuk posting dari selebriti. Brasil, bagaimanapun, telah mendorong balik terhadap laporan, mengecilkan berita dan menolak bantuan.

Presiden Brazil Jair Bolsonaro mengatakan negaranya akan menerima bantuan US $ 20 juta dari G7, dengan syarat Presiden Prancis Emmanuel Macron meminta maaf kepadanya karena menyebutnya tidak sopan.

Mayoritas kebakaran dilakukan oleh petani dengan tujuan untuk memberi ruang bagi hasil panen dan padang rumput mereka. Sementara itu, masyarakat adat di wilayah itu telah melihat tanah mereka menghilang dengan sangat cepat. [RN]

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: