Badai Dorian Hantam Bahama, Kecepatan Angin Capai 295 Kilometer per Jam

TrubusNews
Astri Sofyanti
02 Sep 2019   11:00 WIB

Komentar
Badai Dorian Hantam Bahama, Kecepatan Angin Capai 295 Kilometer per Jam

Badai Dprian dalam foto NASA (Foto : REUTERS/NASA)

Trubus.id -- Perdana Menteri Hubert Minnis menyebutkan badai monster Dorian menghantam wilayah Bahama. Badai ini tiba di Elbow Cay di Kepulauan Abaco dengan kecepatan angin maksimum 185 mil per jam (295 kilometer per jam), sementara kekuatan embusannya lebih dari 354 kilometer per jam.

"Ini mungkin hari paling menyedihkan dan terburuk dalam hidup saya untuk berbicara dengan orang-orang Bahama," ungkap Minnis yang dilaporkan menangis saat memberi pengarahan dalam sebuah konferensi pers, seperti dikutip AFP, Senin (2/9).

Lebih lanjut Minnis mengungkapkan, "Kita menghadapi badai, badai yang belum pernah kita lihat dalam sejarah Bahama."

Baca Lainnya : Badai Dorian Himpun Kekuatan dari Perairan Hangat Sebelum Hantam Florida

Dirinya menyebut, badai monster itu menghantam rumah-rumah warga di kepulauan Bahama. Sebagai informasi, rumah-rumah warga dibangun untuk menahan angin dengan kecepatan setidaknya 241 kilometer per jam hancur ketika gelombang badai yang datang setinggi 6 meter lebih tinggi dari atap rata-rata mereka.

Pusat Badai Nasional (National Hurricane Center atau NHC) yang bermarkas di Miami, Badai Dorian menjadi badai topan Atlantik terkuat kedua yang pernah menerjang kepulauan Bahama pada Minggu (1/9).

Dilaporkan Reuters, NHC menyatakan, badai Dorian masuk dalam kategori 5, yang diprediksi akan menimbulkan kerusakan besar.

Baca Lainnya : Florida Bersiap Hadapi Badai Dorian Pekan Ini

NHC juga menyebut, badai monster sudah mencapai Pulau Great Abco, dekat Marsh Harbour dan sekitar 280 kilometer dari pantai Florida. Diperkirakan badai ini akan bergerak ke Florida dalam dua hari ke depan. "Di jalur ini, inti dari Badai Dorian yang sangat berbahaya akan terus menggempur Great Abaco malam ini dan bergerak di dekat atau di atas Pulau Grand Bahama malam ini dan Senin," lapor NHC, pada pukul 17.00 waktu setempat (21.00 GMT).

"Badai akan bergerak sangat dekat ke pantai timur Florida Senin malam sampai Selasa malam," ungkap NHC.

NHC menyatakan badai Dorian diperkirakan akan terus berlangsung hingga lima hari ke depan. [NN]

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: