Bahama Mempersiapkan Diri Hadapi Badai Dorian yang Menguat jadi Kategori Lima

TrubusNews
Syahroni
01 Sep 2019   23:00 WIB

Komentar
Bahama Mempersiapkan Diri Hadapi Badai Dorian yang Menguat jadi Kategori Lima

Sebuah marina kapal pesiar sepi di pulau Great Abaco di Bahama, dalam persiapan untuk Badai Dorian (Foto : Reuters)

Trubus.id -- Badai Dorian telah menjadi badai kategori lima dan diperkirakan akan menghantam Bahama dengan angin yang menghancurkan dan curah hujan yang sangat deras, kata para peramal cuaca. Badai sangat berbahaya diperkirakan akan membanting rantai pulau tersebut pada hari Minggu terang Pusat Badai Nasional AS (NHC), sebelum membuat pendaratan di pantai timur AS.

Penduduk Grand Bahama telah dievakuasi dari jalur yang diperkirakannya. Lonjakan badai bisa setinggi 15 kaki (4,6 m), para pejabat memperingatkan. Pihak berwenang menutup beberapa bandara di pulau-pulau terpencil, tetapi bandara internasional utama tetap buka pada hari Minggu.

Badai itu terjadi pada hari Minggu pagi sekitar 35 mil di sebelah timur Pulau Great Abaco di Bahama, bergerak ke arah barat dengan kecepatan 8 mil / jam (13km / jam) dengan angin berkelanjutan maksimum hampir 160 kilometer per jam (260 km / jam).

Baca Lainnya : Badai Dorian Akan Datang, Badan Antariksa AS Bersiap untuk Kemungkinan Terburuk

Setelah menghantam Bahama, badai Dorian diperkirakan akan bergerak ke atas pantai AS, menuju Florida, yang telah diperkirakan akan terkena langsung tetapi tampaknya telah terhindar dari yang terburuk oleh perubahan di jalur badai.

Kecepatan angin Dorian menempatkan badai di antara yang paling berbahaya dalam sejarah baru-baru ini. Peramal cuaca memperingatkan bahwa itu mungkin yang terburuk di kawasan itu sejak kategori lima Topan Andrew menewaskan 65 orang dan menghancurkan 63.000 rumah pada tahun 1992.

Presiden AS Donald Trump mengatakan dia sedang memantau Dorian, yang dia gambarkan sebagai "badai yang sangat berbahaya" di Twitter. Dia membatalkan perjalanan yang direncanakan ke Polandia, mengirim Wakil Presiden Mike Pence menggantikannya.

Badai, yang bervariasi dalam kekuatan dari kategori satu hingga lima pada skala Saffir-Simpson, cenderung semakin kuat ketika mereka bergerak di atas perairan hangat seperti yang ada di lepas pantai Florida.

Baca Lainnya : Badai Dorian Himpun Kekuatan dari Perairan Hangat Sebelum Hantam Florida

Peramal cuaca mengatakan mereka memperkirakan Dorian akan bergeser ke timur sekitar pertengahan minggu ini, menempatkan pesisir Georgia dan Carolina Selatan dalam risiko.

Saat badai melambat, bahaya meningkat

NHC mengatakan "gelombang badai yang mengancam jiwa, angin topan dahsyat yang menghancurkan, dan hujan lebat yang mampu menyebabkan banjir bandang yang mengancam jiwa" diperkirakan akan menghantam Kepulauan Abaco dan Grand Bahama pada hari Minggu.

Badan Manajemen Darurat Nasional negara itu mengatakan mereka percaya bahwa kerusakan mungkin diperburuk oleh perlambatan yang diperkirakan dalam gerakan badai, menjaga di atas pulau lebih lama.

Sebuah pengamat badai tropis juga berlaku untuk bentangan pantai timur Florida sepanjang 120 mil (193km), dengan kemungkinan angin topan di sepanjang pantai pada awal minggu depan.

Baca Lainnya : Florida Bersiap Hadapi Badai Dorian Pekan Ini

Jalan yang pasti Dorian tetap tidak pasti tetapi jutaan berada dalam risiko, serta tempat-tempat liburan seperti Walt Disney World dan resor Presiden Trump Mar-a-Lago.

Bagaimana persiapan Bahama?

Perdana Menteri Bahama Hubert Minnis mengumumkan perintah evakuasi untuk sebagian Grand Bahama dan Kepulauan Abaco, keduanya di utara kepulauan itu. Semua wisatawan diminta untuk meninggalkan pulau.

Pada sebuah konferensi pers, Minnis memohon penduduk untuk pergi ke pulau utama untuk melarikan diri dari "badai yang menghancurkan dan berbahaya".

"Saya ingin Anda ingat: rumah, rumah, bangunan dapat diganti. Kehidupan tidak bisa diganti," katanya, seraya menambahkan bahwa 73.000 orang dan 21.000 rumah berisiko.

Di Florida, Gubernur Ron DeSantis menyatakan keadaan darurat untuk seluruh negara bagian dan mengaktifkan 2.500 pasukan Garda Nasional dengan 1.500 lainnya dalam siaga.

Pembeli di Florida terlihat mengantri di sekitar blok untuk membeli persediaan seperti obat-obatan dan bahan bakar. Kota pantai Miami memerintahkan penghapusan skuter sewaan listrik dari jalanan untuk menghindari mereka menjadi proyektil. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: