Jual Kulit dan Kerangka Tulang Harimau Sumatera, DA Dijebloskan ke Penjara

TrubusNews
Syahroni | Followers 2
01 Sep 2019   19:00

Komentar
Jual Kulit dan Kerangka Tulang Harimau Sumatera, DA Dijebloskan ke Penjara

Ilustrasi. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Jajaran kepolisian Polres Pasaman Barat berserta petugas dari Badan Konservasi dan Sumber Daya Ayam Sumatera Barat berhasil mengungkap pelaku perdagangan satwa dilindungi. Daritangan tersangka yang diketahui berisinial DA, petugas berhasil mengamankan tulang harimau Sumatera.

"Pelaku kita tangkap tepatnya di Kampung Talao Ilia, Jorong Tabek Sirah, Nagari Talu, Kecamatan Talamau, Sabtu (31/8), sekitar pukul 19.00 WIB, bersama BKSDA," kata Kepala Satuan Reskrim Polres Pasaman Barat AKP Afrides Roema seperti dikutip dari Antara, Minggu (1/9).

Dia mengatakan, pihaknya mengamankan barang bukti berupa satu buah tengkorak kepala dan satu set rangka tulang harimau Sumatera. Adapun penangkapan dilakukan dengan model penyamaran yang dilakukan petugas.

Saat itu pelaku dipancing petugas yang menyamar menjadi pembeli dan melakukan transaksi jual-beli dengan pelaku. Ia melanjutkan, ketika terjadi transaksi, petugas langsung menangkap pelaku dan mengamankannya di Mapolres Pasaman Barat untuk proses lebih jauh.

Pelaku diancam dengan Pasal 21 ayat 2 huruf d jo Pasal 40 ayat 2 UU No 5/1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya.

"Pelaku terancam dipidana dengan penjara paling lama 5 tahun dan denda paling banyak Rp 100 juta," sebutnya. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: