Penegakkan Hukum Lingkungan di Amazon Ditingkatkan, Penambang Ilegal Digerebek

TrubusNews
Syahroni
01 Sep 2019   12:00 WIB

Komentar
Penegakkan Hukum Lingkungan di Amazon Ditingkatkan, Penambang Ilegal Digerebek

Operasi terhadap aktivitas penambangan ilegal oleh IBAMA dan Polisi Federal di sebuah tambang emas ilegal di dekat kota Altamira, negara bagian, Brasil, 30 Agustus 2019. (Foto : REUTERS/Nacho Doce)

Trubus.id -- Agen-agen federal di Brazil saling melepaskan tembakan dengan para penambang ilegal di negara bagian Amazon, Para pada hari Jumat, menurut saksi Reuters, dalam contoh dramatis tentang bagaimana Brasil telah meningkatkan penegakan lingkungan setelah kebakaran hutan hujan.

Polisi dan agen federal dengan agen penegakan lingkungan Ibama melakukan penggerebekan penambang liar di dekat cagar alam Ituna / Itatá, yang melintasi beberapa kota termasuk kota Altamira, menurut dua saksi Reuters.

"Mereka (para penambang) bersembunyi di hutan dan menembak tim," kata Hugo Loss, koordinator nasional operasi penegakan hukum Ibama, yang menemani misi tersebut.

Agen membalas tembakan, tetapi semua penambang melarikan diri ke hutan dan tidak ada tersangka yang ditangkap. Tidak ada yang terluka, menurut pejabat itu. Ibama dan polisi federal menghancurkan dua backhoe dan tiga peralatan tambang lainnya.

Baca Lainnya : Terungkap, Peneliti Sebut Deforestasi Jadi Penyebab Utama Kebakaran Hutan Amazon

Ibama sebagian besar telah memutar kembali operasi lapangannya di negara bagian Para tahun ini, karena kegagalan untuk mencapai kesepakatan dengan polisi di tingkat negara bagian untuk menawarkan dukungan, menurut Loss. Polisi negara bagian biasanya menemani Ibama pada operasi yang berpotensi berbahaya.

Itu datang di atas upaya pemerintah sayap kanan Presiden Jair Bolsonaro untuk melemahkan Ibama, termasuk melarang agen menghancurkan mesin yang digunakan untuk melakukan kejahatan lingkungan dan membumikan unit pasukan khusus badan yang digunakan pada penggerebekan yang lebih berisiko, menurut penyelidikan Reuters.

Tetapi berita pecah minggu lalu bahwa kebakaran di Amazon melonjak ke level tertinggi sejak 2010 dan memicu kritik internasional bahwa Brasil tidak berbuat cukup untuk melindungi hutan hujan tropis terbesar di dunia.

Setelah beberapa hari protes publik, Bolsonaro memberi wewenang kepada militer untuk mendukung upaya pemadaman kebakaran, dengan menteri kehakiman selanjutnya mengeluarkan dekrit yang mengizinkan polisi federal untuk mendukung operasi lingkungan.

Baca Lainnya : Brasil Kerahkan Pesawat Tempur Tangani Kebakaran Hutan Amazon

Dukungan federal itu memungkinkan serangan yang diorganisir oleh Ibama seperti yang dilakukan pada hari Jumat, kata Loss. Serangan itu tidak terkait langsung dengan kebakaran.

“Hanya sekarang dengan pengakuan data deforestasi dan kebakaran yang mengkhawatirkan dan dengan keputusan (menteri kehakiman), kami memiliki kondisi yang memungkinkan kami untuk beroperasi di daerah ini,” katanya.

"Di daerah ini kami memiliki operasi yang direncanakan untuk bulan Juni dan Juli, tetapi kami tidak dapat melaksanakannya ... karena kurangnya dukungan."

Penambangan ilegal berkontribusi terhadap penggundulan hutan secara keseluruhan di Brasil, dengan sekitar 10% dari wilayah cagar adat di dekat serangan itu telah digunduli tahun ini saja, kata Loss. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: