Badai Dorian Himpun Kekuatan dari Perairan Hangat Sebelum Hantam Florida

TrubusNews
Syahroni
30 Agu 2019   21:30 WIB

Komentar
Badai Dorian Himpun Kekuatan dari Perairan Hangat Sebelum Hantam Florida

Badai Dorian mendekati pantai Florida, AS dalam gambar satelit selebaran NASA 29 Agustus 2019 ini. (Foto : NASA/Handout via REUTERS)

Trubus.id -- Badai Dorian diperkirakan menyedot bahan bakar yang kuat dari perairan hangat di lepas pantai Florida, membengkak menjadi badai Kategori 4 berbahaya dalam beberapa hari mendatang sebelum menghantam negara bagian awal minggu depan, perkiraan menunjukkan pada hari Jumat (30/8).

National Hurricane Center yang bermarkas di Miami mengeluarkan pengawasan badai untuk Bahama barat laut pada hari Jumat (30/8) dan mengatakan risiko "angin topan yang menghancurkan di sepanjang pantai timur Florida akhir pekan ini dan awal pekan depan terus meningkat."

Badai mulai Jumat di atas Atlantik di Kategori 2 tetapi sudah diperkirakan akan mencapai Kategori 3 di kemudian hari, dengan angin yang berkelanjutan setidaknya 111 mpg (178km / jam). Seluruh negara bagian Florida berada di bawah deklarasi darurat dan Gubernur Ron DeSantis mengaktifkan 2.500 pasukan Garda Nasional dengan 1.500 lainnya dalam siaga.

Baca Lainnya : Florida Bersiap Hadapi Badai Dorian Pekan Ini

Peramal cuaca memprediksi badai semakin ganas karena memperlambat kemajuannya di perairan hangat dekat pantai, menyerang daratan pada Senin malam atau Selasa pagi. Angin badai tropis bisa dirasakan di Florida secepat Sabtu malam. Tidak ada evakuasi yang diperintahkan pada Jumat pagi, tetapi banyak yang diperkirakan karena jalur badai menjadi lebih jelas sebelum membuat pendaratannya.

Jika, seperti yang diharapkan, ia mencapai Kategori 4 pada hari Minggu, anginnya akan bertiup lebih dari 130 mph. Perjalanan 12 mph (9 kpj) melintasi peta dapat melambat menjadi penjelajahan 4 mph. Semakin lambat bergerak, semakin banyak waktu untuk mengambil bahan bakar dari laut yang hangat.

Model cuaca terbaru dari National Hurricane Center menunjukkannya menampar ke pusat negara bagian. Badai itu sedikit melenceng ke selatan menurut prakiraan terbaru yang dikeluarkan jam 5 pagi hari Jumat. Badai Dorian bisa bergulir ke daratan menuju Orlando pada hari Selasa atau Rabu pagi, melemah ketika bergerak menjauh dari laut. Model cuaca NHC lainnya menunjukkan pelacakan selatan ke Miami sebelum menyentuh semenanjung, atau menuju utara ke pantai Georgia.

Seiring dengan angin yang berbahaya, badai diperkirakan akan menurunkan hujan setinggi 5 hingga 10 inci di negara bagian tersebut, dengan beberapa daerah mencapai 15 inci.

Baca Lainnya : Pola Cuaca 'Cincin Api' Diprediksi Akan Menyebabkan Berbagai Bencana di Amerika

"Curah hujan ini dapat menyebabkan banjir bandang yang mengancam jiwa," kata peramal NHC seperti dilansir dari Reuters, Jumat (30/8) sore..

Presiden Donald Trump membatalkan perjalanan yang direncanakan ke Polandia, mengirim Wakil Presiden Mike Pence menggantikannya, sehingga ia dapat memastikan sumber daya diarahkan dengan baik untuk menghadapi badai itu.

"Sekarang sepertinya itu bisa menjadi monster absolut," kata Trump dalam video yang diposting di Twitter seraya menambahkan bahwa bantuan makanan dan air sedang dikirim ke Florida.

Para pejabat membuat tumpukan pasir tersedia untuk penghuni Pantai Cocoa untuk mengisi karung pasir mulai Jumat.

Dorian dapat mengaduk-aduk puluhan landasan peluncuran milik NASA, Angkatan Udara A.S. dan perusahaan-perusahaan seperti SpaceX dari Elon Musk dan Blue Origin milik Jeff Bezos. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: