Florida Bersiap Hadapi Badai Dorian Pekan Ini

TrubusNews
Astri Sofyanti
29 Agu 2019   16:00 WIB

Komentar
Florida Bersiap Hadapi Badai Dorian Pekan Ini

Ilustrasi badai (Foto : NASA/Handout via REUTERS)

Trubus.id -- Gubernur Florida, Ron DeSantis, mengumumkan keadaan darurat Rabu (28/8/19) waktu setempat, guna menghadapi Badai Dorian. Dilaporkan badai ini telah menyapu wilayah Karibia dan tengah menuju pantai timur Amerika Serikat (AS).

"Hari ini, saya mendeklarasikan keadaan darurat untuk memastikan Florida sepenuhnya siap untuk Badai Dorian," kata DeSantis, seperti dilaporkan AFP, Kamis (29/8/19).

Gubernur Florida mengungkapkan, peringatan ini amat penting bagi penduduk Florida khususnya yang tinggal di dekat pantai timur. DeSantis meminta warga untuk memantau badai ini dengan cermat.
“Setiap penduduk Florida harus memiliki persediaan selama tujuh hari, termasuk makanan, air, dan obat-obatan, dan harus memiliki rencana jika terjadi bencana," imbaunya.

Badai itu diperkirakan akan mendarat di timur Puerto Rico yang padat penduduk Rabu malam waktu setempat, sebelum menghantam Florida atau Georgia pada akhir pekan nanti.

Namun, para ahli mengatakan masih terlalu dini untuk mengatakan dengan tepat di mana atau kapan itu bisa tiba. Dennis Feltgen, ahli meteorologi National Hurricane Center di Miami, mengatakan kepada kantor berita AP bahwa "badai besar" dapat mendarat di mana saja dari Florida Selatan ke Carolina Selatan. Menurut Feltgen, badai diproyeksikan mencapai daratan AS pada hari Minggu atau Senin mendatang.

Sebelumnya, Gubernur Puerto Rico Wanda Vazquez juga mengumumkan keadaan darurat. Dia memperingatkan kemungkinan tanah longsor, banjir bandang, dan pemadaman listrik dan meminta seluruh warga waspada dan menjaga diri saat berada di luar rumah.

Peramal cuaca telah memperingatkan banjir dadakan yang mengancam jiwa dan kondisi ombak ganas saat badai bergerak melintasi wilayah tersebut, demikian seperti dikutip dari BBC, Kamis (29/8/19).

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan: